Pojok Jogja

Yuk Kunjungi Kampung Buku Jogja, Catat Tanggalnya Ya…

POJOKJOGJA – Kembali menyapa para pecinta buku di Yogyakarta, Kampung Buku Jogja (KPJ) akan dihelat pada 4-8 Oktober 2017.

Merupakan ketiga kalinya digelar, acaranya ini menghadrikan beragam item kegiatan untuk para pengunjungnya.

Ketua Panitia KBJ 2017, Arif Abdulrakhim mengatakan, pada event ini selain bazar buku ada juga kegiatan seperti bedah buku, workshop, dan diskusi panel.

“Ada juga kegiatan orasi, di mana akan menghadirkan nama-nama besar di dunia sastra dan jurnalisme Indonesia,” kata Arif, Jumat, 29 September 2017

Tahun ini lanjut dia, KBJ 2017 mengangkat tema “Literasi dan Pasar Buku”. Menurutnya tema itu, dimaksudkan untuk membuat diskusi kritis tentang perkembangan dunia literasi Indonesia.

“Kita juga ingin melihatnya dari sudut pandang pasar buku terkini. Dengan harapan agar bisa menjadi ajang bagi peserta sekaligus pengunjung dan pengisi acara untuk melihat secara luas peta perbukuan tanah air,” ungkapnya.

Ia menjelaskan peta perbukuan itu bisa disaksikan mulai dari aspek paling awal, distribusi hingga sampai ke pembaca.

“KBJ ini diadakan bukan hanya semata untuk forum jual beli buku, tapi sebagai tempat di mana buku dirayakan dan diapresiasi setinggi mungkin,” jelas Arif.

Untuk mendukung misi itu, Arif menyampaikan pihaknya telah mengundang beberapa pegiat buku, sastrawan, pemerhati media dan budayawan untuk berbagi wacana.

Sejumlah pengisi acara dipastikan akan hadir pada event yang akan berlangsung di Universitas Gadja Mada (UGM) ini. Di antaranya, Seno Gumira Ajidarma, Max Lane, Baskara T Wardana, Nezar Patria, Shindunata, Saut Situmorang, Nuran Wibisnono, Landung Simatupang, Muhidin M. Dahlan, dan lainnya.

Masing-masing pembicara akan membawakan materi-materi yang beragam, mulai dari sastra dan jurnalisme; jurnalisme dan media digital; literasi kebangsaan serta bedah novel sampai buku tentang sepak bola

“Titik pelaksana KBJ 2017 yaitu di Taman Kearifan-Kawasan Lembah dan Food Park UGM. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini juga harinya lebih lama,” terang Arif.

Penanggung Jawab Penerbit Indie KBJ 2017, Eka Putra menambahkan, keterlibatan penerbit indie dalam KBJ tahun ini mengalami pengingkatan cukup signifikan.

“Di tahun pertama, hanya ada sembilan penerbit yang bergabung. Tahun kedua ada 22, dan kini ada 53 penerbit indie yang turut serta,” urai Eka.

Ia menjelaskan, ada sekitar 300 judul buku indie yang siap beredar. Menurut Eka, buku indie saat ini menjadi salah satu fenomena karena menghadirkan tema-tema anti mainstream.

“Selain itu buku indie juga memiliki tampilan fisik yang unik dan tidak beredar luas di toko buku pada umumnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selain buku indie, buku-buku reguler dari penerbit besar juga akan tetap dihadirkan pada KBJ 2017.

(dien)

Baca Juga