Pojok Jogja

Yuk Ikut Voting, 7 Destinasi Wisata Yogyakarta Masuk Nominasi API 2017

POJOKJOGJA – Guna meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia, Anugerah Pesona Indonesia (API) kembali digelar.

Di 2017 ini merupakan kedua kalinya, setelah sukses digelar pada 2016. API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

Untuk masyarakat Yogyakarta tentu tak mau ketinggalan untuk turut mendukung perkembangan pariwisata di Kota Gudeg ini. Apalagi Yogyakarta sudah mendapat julukan Kota Wisata.

Sebanyak tujuh destinasi wisata di Yogyakarta yang masuk dalam nominasi API 2017. Ketujuh destinasi wisata itu tentunya tak asing lagu di telinga dan sudah sangat populer di seluruh kalangan wisatawan.

Ketujuh destinasi wisata tersebut di antaranya, Gua Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, Pasar Beringharjo di Kota Yogyakarta, Kampung Wisata Mangunan di Kabupaten Bantul, Taman Tebing Breksi di Sleman, Kalibiru di Kabupaten Kulonprogo, dan Pantai Wediombo Gunungkidul.

Sebelumnya, Ketua Penyelenggara API 2017 Nanda Satria Azwar mengatakan, tahun ini jumlah kategori ditambah dari 10 menjadi 15 kategori.

“Dengan adanya penambahan jumlah kategori tersebut, maka jumlah nominasi yang turut serta dalam ajang ini juga bertambah menjadi 150 nominasi yang terbagi atas 34 Provinsi, 77 Kabupaten dan 34 Kota,” jelas Nanda.

Selain itu lanjut dia, dalam pelaksanaan pemungutan suara (voting) juga dilakukan penambahan akses, bila sebelumnya hanya bisa dilakukan melalui web vote secara online, saat ini juga sudah dibuka pemungutan suara melalui cara SMS premium berbayar.

Hal tersebut, dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam mendukung wisata favorit kebanggaannya. Dengan adanya penambahan akses untuk melakukan vote tersebut, penyelenggara telah menetapkan peningkatan target vote yang akan diraih.

“Bila pada tahun sebelumnya jumlah suara yang didapat sebanyak 53.097, maka di tahun 2017 ini penyelenggara menargetkan dapat meraih 500.000 suara selama berlangsungnya kegiatan ini,” terangnya.

Saat ini pemungutan suara sudah dibuka, seluruh masyarakat dipersilakan untuk memberikan suara dukungan terhadap pariwisata kebanggaannya melalui website www.anugerahpesonaindonesia.com atau melalui tautan ayojalanjalan.com/vote ataupun dengan mengirimkan pesan SMS premium berbayar ke nomor 99386, dengan mengetik sesuai keyword nominasi pilihannya.

Untuk ketujuh destinasi pariwisata Yogyakarta masyarakat bisa mengirimkan vote malalui sms berdasakan kode yang sudah ditentukan. Berikut daftar kode sms vote masing-masing nominasi :

Gua Jomblang, Kabupaten Gunungkidul : API 14C
Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta : API 13D
Kampung Wisata Mangunan, Kabupaten Bantul : API 11G
Taman Tebing Breksi, Kabupaten Sleman : API 10J
Kalibiru, Kabupaten Kulonprogo : API 9G
Pantai Wediombo, Gunungkidul : API 6G.

(dien)

Baca Juga