Pendidikan

Yogyakarta Kini Punya Perpustakaan Keliling Dilengkapi Akses Internet

POJOKJOGJA – Perpustakaan keliling kembali diresmikan di Yogyakarta. Perpustakaan keliling tersebut merupakan pemberian Singapore International Foundation (SIF).

Sebuah mobil dengan fasilitas ribuan buku juga dilengkapi akses internet tersebut mampu diakses sekitar 5.000-an siswa selama satu tahun.

Hadir dalam peresmian mobil pustaka itu Pemerintah Singapura, melalui Menteri Komunikasi dan Informasi Yaacob Ibrahim.

Yacoob meresmikan dan melihat langsung mobil pustaka itu di Perpustakaan Grhatama Pustaka, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin, 13 November 2017.

“Ini merupakan program pustaka keliling yang disebut Words on Wheels atau WoW. Program ini merupakan pustaka keliling yang diprakarsai dan dikelola SIF,” ungkapnya.

Tujuannya lanjut Yacoob, untuk menanamkan budaya membaca dan belajar bagi kalangan anak-anak dan remaja dan masyarakat setempat.

Ia menjelaskan, program perpustakaan keliling ini beroperasi empat kali dalam seminggu. Petugas akan berkeliling sesuai dengan jadwal yang ditentukan, ke 10 sekolah atau kelompok masyarakat.

Kepada para siswa program ini menyediakan materi edukasi seperti bahasa Inggris, teknologi dan informasi, materi edukasi berbahasa Indonesia, serta sejumlah komputer jinjing dan tablet yang dilengkapi dengan akses Internet dan aplikasi pembelajaran.

“Program WoW pertama kali diluncurkan pada 2011. Sudah diterapkan di Vietnam, Sri Lanka, dan Indonesia di Kota Bandung. Program ini telah diakses lebih dari 40 ribu siswa,” ungkap Yacoob.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Yogyakarta Budi Wibowo menambahkan, pihaknya selalu berusaha mendekatkan anak-anak supaya tertarik membaca serta merasakan cara dan inovasi baru mengakses buku.

“Bantuan ini juga bisa menjadi sarana saling tukar pengalaman bagi para pengelola perpustakaan dalam inovasi pustaka,” kata Budi.

Program tersebut lanjutnya lagi, tentu akan melibatkan sekolah sebagai bagian implementasi gerakan literasi sekolah

Hadir pula dalam acara peresmian Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Ia mengaku sangat mengapresiasi bantuan dan program dari SIF ini.

“Sejak masuk sekolah, kata perpustakaan sudah tidak asing. Namun kedekatan perpustakaan belum menyentuh masyarakat,” ungkap Sultan.

Menurutnya, layanan perpustakaan keliling bisa membuat lebih banyak masyarakat mengakses literasi. Perpustakaan keliling dalam layanannya membawa misi literasi masyarakat.

Selain meresmikan perpustakaan Yacoob juga menyempatkan diri berkunjung ke Sekolah Dasar Timuran Yogyakarta.

(nis)

Baca Juga