Pojok Jogja

Yogyakarta Kini Miliki Kampung Peduli Sehat Jiwa

POJOKJOGJA – Mewujudkan Yogyakarta sebagai kota inklusi, Pemerintah Kota Yogyakarta kembali melakukan terobosan terbarunya. Kali ini dengan menghadirkan Kampung Peduli Sehat Jiwa.

Deklarasi yang dilakukan pada Puncak Hari Disabilitas Internasional (HDI) Selasa lalu, Kecamatan Danurejan dinobatkan sebagai Kampung Peduli Sehat Jiwa.

Menanggapi hal itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta mengatakan tak hanya Yogyakarta yang gencar melakukan usaha untuk mewujudkan kota inklusi.

“Saat ini di negara manapun melakukannya, termasuk Yogyakarta yang juga akan terus melakukan inovasi-inovasi untuk menunjang terbentuknya kota inklusi,” kata Heroe Poerwadi, Rabu, 6 Desember 2017.

Kampung Peduli Sehat Jiwa itulah yang menjadi salah satu program dari Pemkot Yogyakarta. Ia mengungkapkan, program itunakan dirintis mulai dari tingkat kelurahan hingga kecamatan.

Yang menjadi prioritas Pemkot Yogyakarta menurut Heroe adalah menyediakan akses disabilitas sehingga pembangunan bisa dilakukan secara bersama-sama dengan inklusi.

“Akses bagi disabilitas sangat banyak seperti pendidikan, kesehatan dan juga termasuk akses untuk mendapatkan pekerjaan,” jelasnya.

Ia menyebutkan, di Yogyakarta sendiri sudah ada delapan perusahaan swasta yang telah mempekerjakaan masyarakat penyandang disabilitas. Olehnya itu, pihaknya menyediakan raport disabilitas.

Raport tersebut lanjut Heroe berisi rekam jejak para penyandang disabilitas, termasuk sudah berapa kali mengukuti pelatihan dan berapa kali mendapatkan bantuan. Nantinya raport itulah yang akan menjadi bekal mereka mencari pekerjaan.

(nis)

Baca Juga