Pojok Jogja

Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Digital Marketers Summit and Expo

POJOKJOGJA – Satu lagi event yang akan digelar untuk mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Yogyakarta. Jogja Digital Marketers Summit and Expo, event yang akan memghadirkan ribuan pebisnis online.

Tak hanya dari wilayah Yogyakarta, melainkan dari seluruh wilayah Nusantara. Berlangsung pada 20-23 September, Jogja Digital Marketers Summit and Expo rencananya akan digelar di Jogja Expo Center.

“Evebt ini digagas untuk membantu meningkatkan daya saing para pebisnis atau pelaku UMKM yang telah atau baru mulai memasarkan produknya secara online,” kata Ketua Steering Comittee (SC) “Jogja Digital Marketers Summit and Expo” Arifin Wicaksono, Selasa, 5 September 2017.

Pihaknya menargetkan ribuan peserta yang akan hadir, baik yang akan mengikuti summit maupun pameran. Sebagai salah satu kota dengan banyak melahirkan pengusaha kreatif, alasan itulah yang membuat event berskala nasional ini digelar di Yogyakarta.

“Hingga saat ini termasuk salah satu daerah yang banyak melahirkan pengusaha kreatif berbasis online atau digital,” tambahnya

Menurut Wicaksono, Sumber Daya Manusia (SDM) produktif dan kreatif banyak ditemukan di Yogyakarta. Olehnya itu, penyelenggaraan Jogja Digital Marketers Summit and Expo ini juga akan melibatkan para anggota karang taruna di DIY.

Sejumlah bintang tamu dari kalangan pelatih bisnis kelas dunia juga di rencanakan akan ikut terlibat dalam event ini.

Karenanya menurut Wicaksono, event ini sangat penting diikuti para pebisnis online mengingat banyaknya tantangan yang harus mereka hadapi saat ini.

“Misalnya tantangan mulai dari regulasi, kompetisi yang semakin brutal, terbuka lebarnya kran bisnis online dari luar, perebutan pasar, hingga problem internal yang dihadapi pelaku usaha sendiri,” jelasnya.

Persoalan utama yang akan dibahas dalam pertemuan itu lanjutnya lagi, adalah mengenai strategi menggaet pelanggan baik melalui media sosial, mesin pencari (google), hingga marketplace.

Peserta akan diajak belajar bagaimana tips dan trik terkini mengakuisisi pelanggan yang potensinya sangat banyak dan tersebar di media sosial, google, atau marketplace.

“Karena saat ini anyak pebisnis online dengan omzet mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah di Indonesia,” ujarnya.

Sehingga lanjut Wicaksono, melalui pertemuan yang akan berlangsung selama empat hari tersebut para pebisnis online khususnya pemula (start up) bisa mendapatkan pengetahuan baru untuk mengembangkan bisnisnya.

Ketua Kompartemen Bidang Ekonomi Kreatif, Kesehatan dan Telekomunikasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) DIY Ferry Irawan mengatakan, Jogja Digital Marketers Summit and Expo diharapkan para komunitas pebisnis online di Yogyakarta bisa menemukan wahana belajar atau bertukar pikiran untuk mengembangkan sektor yang digeluti.

“Karena meskipun di Yogyakarta banyak SDM kreatifnya, namun komunitas anak muda untuk belajar pemasaran online masih sedikit,” kata dia.

(dien) 

Baca Juga