Traveling

Wisata Pantai di Bantul yang Tak Kalah Memesonanya

POJOKJOGJA – Jogjakarta dengan sejuta destinasi wisata yang tak ada habisnya. Tak salah jika disebut sebagai Kota Wisata.

Hampir di setiap sudut wilayahnya menyajikan keindahanyang berbeda. Mulai dari wisata heritage, wisata gunung, hingga wisata pantai.

Tak sedikit pantai di Jogjakarta yang menjadi buruan para wisatawan untuk dikunjungi. Sebab sayang jika berkunjung ke Kota Gudeg ini lalu tidak mengunjungi wisata pantainya.

Nah, di artikel kali ini jogja.pojoksatu.id akan membagikan informasi tentang pantai-pantai yang ada di Kabupaten Bantul yang tak kalah memesonanya. Letaknya juga cukup terjangkau dari pusat Kota Jogjakarta.

1. Pantai Parangtritis

Siapa yang tak kenal dengan obyek wisata pantai yang satu ini. Parangtritis merupakan obyek wisata pantai yang paling populer di Bantul.

Bahkan di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta pantai Parangtritis menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan. Terletak sekitar 27 km dari pusat kota Jogja, pantai ini dibuka setiap hari dari pagi sampai sore.

2. Pantai Depok

Pantai Depok tak hanya ramai dikunjungi wisatawan yang hendak berburu panorama dan melepas kepenatan kota.

Namun lebih dari itu, Pantai Depok adalah pusatnya kuliner laut yang ada di Bantul, tak heran jika di musim liburan pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan kelaparan yang ingin mencicipi hidangan laut.

3. Pantai Pandansari

Salah satu yang menjadi daya tarik Pantai Pandasari sehingga mulai dilirik oleh wisatawan adalah adanya mercusuar yang berdiri gagah di pinggir pantai dan antara cemara laut yang rindang.

Untuk masuk ke mercusuar ini, kamu harus menaiki ratusan anak tangga yang melingkar hingga sampai ke puncak mercusuar. Meskipun memerlukan tenaga yang tak sedikit, akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang menunggu di puncak mercusuar.

4. Pantai Goa Cemara Bantul

Pantai Goa Cemara ini merupakan salah satu pantai yang memiliki daya tarik tersendiri seperti namanya Pantai Goa Cemara. Pantai ini disebut sebagai Pantai Goa Cemara dikarenakan adanya tumpukan pohon cemara yang terbentuk seperti goa dimana terlihat mulut goa yang berlubang. Mulut goa ini juga merupakan gerbang masuk untuk mengakses ke lokasi pantai.

5. Pantai Baros

Pantai Baros mungkin masih terdengar baru di wisata Jogja. Di pantai ini pengunjung selain bisa menikmati sunset dengan sempurna. pantai ini juga kawasan hutan mangrove yang sangat eksotis. sangat cocok dikunjungi bagianda yang gemar foto di hutan mangrove.

6. Pantai Kuwaru Bantul

Pantai Kuwaru merupakan sebuah pantai yang di sekitarnya tumbuh banyak pohon cemara yang cukup rindang sehingga cocok digunakan pengunjung untuk berteduh sembari menikmati keindahan pantai yang sejuk oleh semilir angin berhembus. Di sela- sela pepohonan cemara ini menjadikan pemandangan cukup menarik sehingga cocok digunakan sebagai tempat berfoto- foto

7. Pantai Pandansimo

Sebelum menjadi tempat wisata, dahulunya Pantai Pandansimo Baru hanyalah merupakan sebuah hamparan lahan pasir yang berdiri diatasnya rumah nelayan dan tempat pelelangan ikan, namun karena inisiatif warga dan dikembangkan swadaya oleh masyarakat di sekitar, merekan menanam sebuah pohon cemara udang yang cocok di tanah seperti ini, dan saat ini pantai pandansimo telah berubah 180 derajat menjadi  sebuah tempat wisata pilihan di kota Jogjakarta yang rindang, sejuk dan nyaman.

8. Pantai Samas Bantul

Bantul tak habis-habisnya menawarkan wisata yang menarik bagi para pengunjung.  Pantai yang terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden ini jaraknya sekitar 35 km dari Kota Yogyakarta. Pantai Samai terkenal akan ombaknya yang besar dan berangin kencang. Pemandangan sunset di pantai ini juga tak kalah indahnya lo.

9. Pantai Baru

Pantai Baru merupakan salah satu pantai di Jogja yang masih perawan sehingga relatif bersih, nyaman, dan terbebas dari polusi udara. Kerindangan pohon cemara udang di pantai ini membuat pantai ini cocok sebagai tempat piknik keluarga. Pemandangannya pun jadi makin unik dengan adanya tugu selamat datang ini.

 

(dien)

 

Baca Juga