Nasional

Warga Tolak Jenazah Terduga Teroris Surabaya Dikubur di TPU Putat Gede

POJOKJOGJA – Tujuh jenazah terduga teroris rencananya akan dimakamkan di TPU Putut Gede di Kecamatan Sawahan, Surabaya. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya tujuh liang yang telah digali kemarin pagi, Kamis 17 Mei 2018.

Liang tersbeut disiapkan oleh Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya setelah berembuk dengan Polda Jatim.

Lokasi pemakaman tersebut merupakan satu komplek dengan salah satu korban bom Gereja Pantekosta Pusat Surabaya, yakni Daniel Putra Agung Kusuma.

Namun, pemakaman tersebut digagalkan warga. Liang tersebut ditimbun kembali di hari yang sama oleh warga. Rupanya warga bersikeras menolak jenazah tersebut dimakamkan di TPU Putut Gede.

Camat Sawahan Muhammad Yunus mengatakan pihaknya sempat berkomunikasi dengan warga, hanya saja upaya tersebut tidak membuahkan hasil.

“Awalnya kami berusaha berkomunikasi, tetapi warga tetap menolak dan menutup kembali liang yang sudah digali dengan alat seadanya. Tak lama kemudian belasan orang, membawa peralatan dan membantu menutup lubang itu,” kata Yunus.

Ketua RW 8 Putat Jaya Nanang, mengatakan alasan penolakannya. “Keluarganya saja tidak mau mengambil, apalagi kami. Mereka telah membuat luka warga Surabaya,” katanya.

(rin)

Baca Juga