Pojok Jogja

Wakil Bupati Bantul Apresiasi Aplikasi Open Data IDEA

POJOKJOGJA – Aplikasi Open Data Program Penanggulangan Kemiskinan yang diluncurkan IDEA Yogyakarta, mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Bantul,  Abdul Halim Muslih.

Hal itu diungkapkan Halim Muslih pada acara peluncuran Aplikasi Open Data yang berlangsung di Pendopo Parasmya, Bantul, Selasa, 8 Agustus 2017. Halim menyebutkan, pihaknya menyambut gembira adanya aplikasi tersebut.

“Hal ini tentu sangat mendukung program pengentasan kemiskinan yang sudah menjadi tugas pemerintah, utamanya di Kabupaten Bantul ini,” kata Halim.

Program pengentasan kemiskinan yang telah diatur pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2013, bersifat pastisipatif, transparansi, dan akuntabilitas. Olehnya itu Aplikasi Open Data ini dinilai mampu mendukung upaya pengentasan kemiskinan tersebut.

Aplikasi Open Data yang bisa diakses melalui opendatapronangkis.bantulkab.go.id ini mampu mentracking program-program kemiskinan di kabupaten/kota selama tiga tahun terakhir. Tak hanya itu, aplikasi ini juga mampu memvisualkan agregat anggaran publik di sebuah daerah beserta komponen agregatnya.

“Diharap agar Aplikasi Open Data ini bisa membantu para staholder di daerah dalam perencanaan dan monitoring evaluasi (monev) program penanggulangan kemiskinan,” ungkapnya.

Sehingga tambah Halim, intervensi penanggulangan kemiskinan bisa berjalan efektif dan efisien. Lebih lanjut ia menjelaskan, di wilayahnya sendiri pada perda dinyatakan hak-hak warga miskin harus terpenuhi. Adapun beberapa hak yang harus mereka dapatkan yaitu sandang pangan, layanan kesehatan, kebutuhan perumahan yang layak, juga lingkungan hidup yang baik dan sehat,

Baca Juga