Dunia

Viral! Seorang Guru di Ghana Mengajar Komputer Tanpa Menggunakan Komputer

POJOKJOGJA – Seorang guru di Ghana yang mengajar komputer tanpa menggunakan komputer, malah menggambarnya di papan tulis, jadi viral di sosial media.

Pria asal Kumasi tersebut menggunakan papan tulis untuk menggambar diagram program Microsoft Word.

“Pengajaran ICT di sekolah Ghana sangat lucu,” tulisnya di keterangan gambar yang ia unggah di Facebook.

Bukan tanpa alasan, sekolah tempatnya mengajar itu memang tidak memiliki komputer.

Namun, setelah gambar dirinya mengajar komputer, tanpa komputer tersebut, pihak Microsoft telah berjanji akan mengirimkan perangkat komputer baru kepadanya.

Sang guru Richard Appiah Akoto melalui akun Facebooknya @Owura Kwadwo menulis, “Saya mencintai murid-murid saya jadi saya harus melakukan apa yang akan membuat mereka mengerti dengan apa yang saya ajarkan.”

Ia mengatakan sekolah tempat ia mengajar tidak memiliki komputer sejak tahun 2011. Ironisnya, para murid disyaratkan untuk lulus ujian teknologi informasi dan komunikasi (ICT) sebagai bagian dari kemajuan mereka di sekolah.

“Ini bukan kali pertama saya menggambar, saya telah melakukannya kapan saja saat berada di kelas,” kata Akoto seperti dilansir BBC, Kamis 1 Maret 2018.

“Saya mengunggah gambar di Facebook sekadar sharing. Saya tidak menyangka itu akan mendapat perhatian banyak orang,” katanya.

Pada Minggu lalu, seorang pengusaha bernama Rebecca Enonchong menuliskan tweetnya yang ditujukan kepada Microsoft Afrika. Ia mengatakan bahwa Akoto mengajarkan penggunaan produk mereka tanpa memiliki akses terhadapnya.

“Tentunya Anda bisa mendapatkan beberapa sumber daya yang tepat,” saran Enonchong.

Dan akhirnya pada hari Selasa, raksasa perangkat lunak tersebut berjanji untuk mengirimi Akoto komputer dan memberinya akses ke materi pendidikannya.

(Rin)