Nasional

Tingkatkan Pelayanan, BPJS Kini Bisa Diklaim Lewat Mobile

POJOKJOGJA – BPJS Kesehatan akan menerapkan implementasi verifikasi digital klaim (Vedika) bagi fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL) serentak seluruh Indonesia pada 1 Mei 2018.

Fasilitas ini diperuntukkan bagi pengguna BPJS Kesehatan untuk proses verifikasi klaim tagihan pelayanan kesehatan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Sasaran strategisnya adalah terwujudnya layanan jaminan kesehatan nasional yang berkualitas dan berkeadilan yang diukur dengan indikator sasaran strategis organisasi antara lain tingkat kepuasan fasilitas kesehatan,” kata Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari saat konferensi pers, Kamis 26 April 2018.

Vedika merupakan proses verifikasi klaim yang diajukan oleh rumah sakit dengan menggunakan aplikasi digital yang dilakukan di kantor cabang atau kantor Kabupaten/Kota BPJS Kesehatan.

Andayani berharap dengan adanya Vedika pengguna bisa mempercepat proses verifikasi sehingga rumah sakit mendapatkan kepastian waktu pembayaran klaim lebih akurat dan tentunya lebih cepat ketimbang melalui proses klaim konvensional.

Karena fasilitas ini memudahkan pengguna, Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, Darwito mengapresiasi sistem ini. Menurutnya, fasilitas ini bisa menimbulkan kepercayaan antara rumah sakit dengan BPJS Kesehatan.

(rin)

Baca Juga