Pojok Jogja

Tiga Kecamatan di Bantul yang Rawan Kebakaran

POJOKJOGJA, Bantul – Kasus kebakaran di Bantul meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Tercatat ada tiga keecamatan yang sering dilalap jago merah.

Kebakaran paling sering melanda tiga kecamatan di Bantul yakni Kecamatan Kasihan, Kecamatan Banguntapan dan Bantul. Kebakaran terjadi masing-masing sembilan kali masing-masing kecamatan.

Tiga wilayah tersebut merupakan daerah padat penduduk. Kecamatan Kasihan dan Kecamatan Banguntapan berada di wilayah perbatasan dengan kota dan Kecamatan Bantul merupakan pusat kota kabupaten.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, total kebakaran di wilayah Bantul mencapai 58 kasus sepanjang Januari hingga 7 Agustus 2017.

Menurut catatan BPBD Kabu[aten Bantul, kebakaran banyak terjadi di bulan Juni yaitu sebanyak 14 kali dan di Juli sepuluh kali terjadi kebakaran. Dari bulan Juli hingga Senin, 7 Agustus 2017 tercatat empat kali kebakaran.

Menurut Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto, peningkatan kasus kebarakan juga disebabkan oleh perubahan angin yang kian kencang di musim kemarau. Hal ini dinilai berpotensi memicu kebakaran.

(ika)

Baca Juga