Hukum

Tiga Juru Parkir Liar di Nol Kilometer Yogyakarta Kembali Diamankan

POJOKJOGJA – Satreskim Polresta Yogyakarta kembali mengamankan tiga juru parkir liar d Nol Kilometer, pada Senin, 8 Januari 2018 lalu.

Ketiga juru parkir tersebut berhasil tertangkap tangan saat Polresta Yogyakarta menggelar razia di kawasan wisata tersebut.

Informasi yang diunggah melalui akun twitter resmi Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini memperlihatkan sejumlah barang bukti yang juga berhasil disita Satreskrim Polresta Yogyakarta.

“Tiga jukir nakal dan barang bukti yang diamankan di antaranya, PP (uang Rp 59.000 beserta 16 bendel karcis parkir), SM (uang Rp 213.000, beserta satu bendel karcis parkir), SR (uang Rp290.000, beserta delapan bendel karcis parkir),” tulis akun Polda DI Yogyakarta dalam unggahannya, Kamis, 11 Januari 2018.

Kehadiran juru parkir di kawasan Nol Kilometer tersebut dinilai bisa meresahkan, utamanya bagi para wisatawan. Terlebih para juru parkir menaikkan tarif semaunya.

Juru parkir tersebut juga mencetaj jarcis parkir sendiri tanpa izin yang dikeluarkan pemerintah daerah sesuai dalam Oerda Nomor 18 Tahun 2009.

“Para pelaku dan barang bukti berupa uang sebesar Rp 562.000 diamankan ke Polresta Yogyakarta untuk dilakukan pemeriksaan dan selanjutnya akan dilakukan sidang,” tambah akun twitter Polda DI Yogyakarta salam cuitan lainnya.

Salah seorang wisatawan Nurlaila mengeluhkan tarif parkir di kawasan Nol Kilometer. Ia mengaku saat berkunjung pada Sabtu, 6 Januari 2018 lalu ia diberikan karcis parkir dengan bertuliskan tarif, Rp 5.000.

“Waktu itu saya kan parkir motor pas depan kantor Bank Indonesia (BI). Pas dikasih karcisnya saya ngeluh kok Rp 5.000, ini kan udah bukan liburan lagi,” katanya.

Namun, lanjut dia juru parkir tersebut menampik dengan mengatakan tarifnya memang sudah seperti itu.

“Tapi juru parkirnya nanya lagi, eman ada uang berapa, mbak. Aku jawab cuma dua ribu, terus dia bilang gak papa itu aja. Kayak gitu kan udah jelas banget gak bener,” keluh Nurlaila.

Ia juga mengeluhkan banyaknya juru parkir yang mengarahkan saat ingin memarkir kendaraan. Bahkan jauh sebelum mendekati are, sejumlah orang sudah menahan dirinya untuk memarkir motor di tempat yang juru parkir inginkan.

(dien)

Baca Juga