Traveling

Ternyata Ada Aturan Baru Tahun 2018 Jika Ingin Mendaki Gunung-gunung Ini

POJOKJOGJA – Bagi kamu yang punya rencana untuk mendaki di 2018 ini sebaiknya ketahui dulu ada aturan yang baru lho saat ingin mendaki.

Aturan itu berlaku di beberapa gunung yang paling banyak banyak dikunjungi. Siapa tahu, salah satunya ada dalam daftar tujuan pendakian kamu di tahun ini. Yuk, lihat apa saja aturan baru yang mulai diberlakukan di tahun ini.

1. Gunung Semeru

Aturan baru untuk pendakian di Gunung Semeru sebenarnya telah diberlakukan sejak Oktober 2017. Taman Nasional Bromo Tengger memberlakukan aturan pendaftaran online bagi para pendaki yang hendak melakukan pendakian di Gunung Semeru. Hal ini dilakukan agar para pengunjung bisa terdata dan pihak pemelihara bisa mengontrol siapa saja yang berkunjung ke Gunung Semeru.

2. Gunung Merapi

Di Gunung Merapi pihak pengelola memberlakukan aturan wajib berusia 17 tahun bagi pengunjung. Pihak pengelola juga akan memasukkan pengunjung yang melanggar dalam daftar hitam. Peraturan tersebut dibuat demi menjaga keamanan selama pendakian di Gunung Merapi.

3. Gunung Rinjani

Tak jauh berbeda dengan Gunung Semeru, per April 2018, pengunjung di Gunung Rinjani juga wajib melakukan pendaftaran online. Mengunjungi primadona pegunungan di Indonesia wajib hukumnya melakukan pendaftaran di situs resmi Gunung Rinjani https://www.tnrinjani.net/home. Selain itu calon pendaki juga bisa juga mendaftar melalui aplikasi eRinjani yang bisa diunduh melalui playstore.

4. Gunung Gede Pangrango

Sama halnya dengan Gunung Semeru dan Rinjani, pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) juga memberlakukan pendaftaran online sebelum melakukan pendakian. Pendaftaran online untuk mendaki di gunung yang terletak di Jawa Barat ini wajib dilakukan dua hari sebelum pendakian.

(dien)

Baca Juga