Pojok Jogja

Tanggulangi Kemiskinan, IDEA Yogyakarta Luncurkan Aplikasi Open Data

POJOKJOGJA – Sebagai organisasi masyarakat sipil dalam bidang isu tata kelola pemerintahan untuk pemenuhan hak warga, IDEA Yogyakarta terus berupaya mendorong program pengentasan kemiskinan di Yogyakarta.

Salah satunya dengan memfokuskan sumber daya  partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas anggaran publik. Sistem satu atap merupakan salah satu yang telah dikembangkan IDEA sejak empat tahun terakhir.

Sistem tersebut adalah upaya penanggulangan kemiskinan di Yogyakarta. Kali ini IDEA kembali membuat terobosan baru dengan meluncurkan sebuah aplikasi data yang bisa dijangkau denga mudah.

Direktur IDEA Yogyakarta Sunarja mengatakan, aplikasi yang akan diluncurkan yaitu Aplikasi Open Data Program Pengentasan Kemiskinan di Yogyakarta.

“Aplikasi ini kami luncurkan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan adanya transparansi dan akuntabilitas,” kata Sunarja pada acara peluncuran yang berlangsung di Pendopo Parasamnya, Bantul, Selasa 8 Agustus 2017.

Aplikasi ini dihadirkan kata Sunarja untuk menyebarluaskan atau mendesiminasi Aplikasi Open Data ini kepada masyarakat umum. Selain itu diharapkan pula masukan dan saran terkait Aplikasi Open Data ini.

Diharapkan dengan adanya aplikasi ini bisa memudahkan masyarakat dan organisasi perangkat daerah (OPD)  terkait untuk mengakses data yang lebih trasnparan di Kabupaten Bantul.

“Peluncuran ini merupakan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bantul, serta didukung oleh Ford Foindation,” kata Sunarja.

Peluncuran ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, dan sejumlah stakeholder terkait.

(dien)

Baca Juga