Life Style

Tak Sekedar Berlibur, Ini 5 Jenis Liburan yang Bisa Merangsang Kecerdasan Anak

POJOKJOGJA – Berlibur selalu menjadi momen yang ditunggu untuk melepas penat setelah lelah bekerja atau beraktivitas sepanjang hari. Liburan tentu tidak hanya dibutkan bagi orang dewasa, tetap juga untuk anak-anak.

Liburan selalu menjadi hal yang menyenangkan, apalagi ketika kita menghabiskannya bersama orang-orang tersayang. Pasalnya, liburan bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas di luar rutinitas yang kadang sangat membosankan.

Jadi, jangan sampai kita melewatkan masa liburan tanpa hal yang berkesan. Sudah jauh-jauh berlibur, menguras kantong dan tenaga, tanpa ada pelajaran atau nilai yabg berarti, terlebih bagi anak-anak. Nah, berikut ada saran dari Psikolog Ike R Soegianto liburan apa saja yang bisa merangsang kecerdasan anak.

1. Liburan Yang Merangsang Kecerdasan Sosial

Ada berbagai macam kegiatan yang bisa Anda program selama liburan untuk merangsang kecerdasan sosial anak Anda. Salah satunya adalah berkemah.

Berkemah dinilai merangsang kecerdasan karena setiap anak yang ikut dalam perkemahan otomatis belajar berinteraksi dan bekerja sama dengan teman-temannya. Kegiatan seperti ini sudah sering dilakukan oleh sekolah-sekolah tidak hanya di dalam, tapi juga di luar negeri.

”Kebanyakan mereka menggunakan metode Quantum Learning (belajar nyaman dan menyenangkan) yang mengajarkan anak dengan konsep real life skill yang berguna untuk meningkatkan keterampilan akademik dan sosial sesuai dengan gaya belajar masing-masing anak,” tutur Ike.

Selain berkemah, Anda juga bisa mencari alternatif liburan lain, misalnya mengundang teman di rumah atau kerabat lain untuk bermain bersama anak.

“Permainan sederhana pun bisa dilakukan kok seperti petak umpet, kasti, sepakbola, lompat tali dan main kartu. Permainan seperti ini pasti menarik minat anak Anda untuk melakukannya,” tegas Ike.

2. Liburan yang Merangsang Kecerdasan Emosional

Aktivitas liburan menarik sekaligus mampu untuk merangsang kecerdasan emosional anak cukup banyak. Sebagai orangtua, Anda bisa merencanakannya sejak jauh hari, tentu saja yang sesuai dengan minat anak Anda.

Menggambar di rumah, membuat gambar tempel dari kertas, bermain catur, bermain puzzle maupun lego bisa jadi alternatif menarik untuk anak Anda.

Kegiatan-kegiatan di atas dapat merangsang kecerdasan emosional mereka sehingga anak dapat belajar untuk berkonsentrasi, sabar dan teliti dalam mengerjakan sesuatu. Karena itu, sediakan fasilitas-fasilitas tersebut agar anak Anda dapat bermain di rumah bersama teman-temannya.

“Segala macam permainan kompetisi bisa menjadi alternatif kegiatan untuk mengisi liburan anak anda dan permainan-permainan di atas mampu merangsang anak anda untuk menghargai arti setiap kegagalan,” ungkap Ike.

Tak ada salahnya Anda untuk memasukkan anak ke tempat-tempat kursus menyanyi atau kursus alat musik selama liburan, karena kegiatan ini dapat merangsang seseorang untuk peka secara emosional terhadap lingkungan sekitarnya.

Pengalaman emosional, tambah Ike, dapat diperoleh melalui kepekaan kita dalam memahami dan menghayati serta memaknai setiap interaksi yang terjadi dalam lingkungan.

”Hal seperti ini bisa dilatih dengan bermain musik, karena untuk dapat menghayati musik kita memerlukan daya konsentrasi yang cukup tinggi,” tegasnya.

3. Liburan yang Merangsang Kecerdasan Bahasa

Liburan yang bisa merangsang kecerdasan bahasa bisa relatif mudah dilakukan yaitu dengan menyediakan sejumlah buku. Sediakan buku-buku pengetahuan maupun buku cerita fiksi menarik yang bisa dibaca anak anda selama liburan berlangsung.

Di jamin, anak anda tidak akan merasa bosan meski liburan hanya dihabiskan di rumah saja. Sebaiknya batasi jenis buku dan sesuaikan dengan usia anak Anda.

”Anak yang cerdas bahasa memiliki pemahaman akan kata dan bahasa dengan cukup baik, memiliki kemampuan komunikasi baik serta jumlah kosakata yang dikuasai lebih tinggi daripada anak lainnya. Untuk merangsang, ya biasakan anak Anda untuk gemar membaca,” ujar Ike.

Televisi bisa juga menjadi media untuk merangsang kecerdasan bahasa anak Anda, karena dari televisi banyak hal bisa di dapat yang bisa divisualisasikan dalam tulisan.

”Dampingi anak Anda selama mereka menonton televise,” pinta Ike. Belajar menulis cerpen atau novel, imbuh Ike, bisa menjadi aktivitas menyenangkan anak Anda selama liburan berlangsung.

”Demi menunjang aktivitas mereka, ada baiknya orangtua menyediakan peralatannya seperti buku, bolpoin maupun pensil untuk menulis. Lomba mengarang bisa juga menjadi alternatif kegiatan menarik,” ucap Ike.

4. Liburan yang Merangsang Kecerdasan Kinestetik

Berbagai macam aktivitas dapat dilakukan untuk mengisi liburan untuk merangsang kecerdasan kinestetik atau kecerdasan fisik anak Anda.

Dengan kecerdasan fisik yang dimiliki, memungkinkan anak anda secara aktif menggunakan bagian- bagian atau seluruh tubuhnya untuk berkomunikasi.

Anda dapat memanfaatkan kebiasaan olahraga anak anda seperti bulutangkis, berenang, sepakbola, tennis, bisa untuk dilakukan selama liburan berlangsung, apalagi kegiatan ini dapat merangsang kecerdasan kinestetik anak Anda.

“Menari maupun bermain akrobat bisa menjadi alternatif lain bagi anak Anda. Ambil kelas menari bukanlah ide yang buruk untuk mengisi hari libur anak Anda. Menyenangkan bukan?” ucap Ike.

5. Liburan yang Merangsang Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musikal erat kaitannya dengan kepekaan seseorang untuk mengenal suara-suara non verbal, termasuk kepekaan terhadap nada dan irama.

Seseorang yang bergelut dalam bidang musik biasanya mempunyai kecerdasan musikal yang cukup tinggi. Menonton pertunjukan orkestra atau konser penyanyi terkenal bisa menjadi alternatif bagi anak Anda untuk mengisi liburan. Karena selain untuk mengisi waktu, kegiatan seperti ini juga mampu merangsang kecerdasan anak Anda dalam bidang musikal.

”Anda juga bisa memasukkan anak Anda untuk les menyanyi, atau jika anak Anda memiliki band, liburan bisa menjadi waktu yang tepat untuk merutinkan jadwal latihan band. Mengikuti lomba musik juga bisa menjadi alternatif menarik juga lho,” ucap Ike.

6. Liburan yang Merangsang Kecerdasan Visual

Kecerdasan visual atau spasial adalah kecerdasan yang memungkinkan seorang anak mampu memberikan gambaran visual secara jelas termasuk mudah untuk menghafal tata letak benda di satu tempat.

Dengan kecerdasan ini, anak menjadi lebih mudah memahami informasi melalui gambar, peta grafik maupun diagram, dibanding dengan kata-kata. Kecerdasan bisa didapat misalnya dengan aktivitas mencari jejak ketika berkemah.

”Dalam kegiatan mencari jejak ini, anak Anda dapat belajar untuk membayangkan suatu bentuk nyata dan kemudian memecahkan berbagai masalah dengan memahami secara lebih mendalam hubungan antara obyek dan ruang,” tutur Ike.

Yang juga bisa dipilih adalah membuat patung atau boneka. Ini juga bisa melatih kecerdasan visual anak Anda.

”Dua kegiatan itu bisa menjadi alternatif untuk mengisi liburan Anda,” pungkas Ike.

(dien/pojoksatu)

Baca Juga