Pojok Jogja

Sultan HB X: Kerugian Diurus Nanti, Korban Banjir Dulu yang Ditangani

POJOKJOGJA – Gubernur DIY Sri Sultan HB X menegaskan bahwa penanganan korban bencana menjadi prioritas utama. Menyoal kerugian karena bencana, kata Sultan, diurus nanti.

“Yang terpenting ialah penanganan korban dan mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah,” kata Sultan, Kamis 30 November 2017.

Ada pun soal kerugian, Sultan belum tahu pasti. “Kerugian material belum ada. Nanti biar Pak Wali yang kirim surat ke Gubernur. Ada beberapa kabupaten yang masuk. Saat ini belum tahu jumlahnya. BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) belum laporan karena ada kabupaten yang belum tercatat,” lanjutnya.

Karena hal tersebut, kerugian bencana akan ditindaklanjuti nanti.

“Itu (menangani korban) yang perlu dikerjakan terlebih dahulu. Yang itu (kerugian) nanti saja setelah nanganin manusianya,” Sultan menegaskan.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengaminkan pernyataan Sultan. Ia berpendapat bahwa yang paling penting untuk ditangani ialah penanganan korban dan melakukan pencegahan agar kerusakan tak bertambah parah. Sebab, kata dia, masih ada kemungkinan hujan turun kembali.

(ika)

Baca Juga