Pojok Jogja

SMK 4 Tangerang Kesurupan Massal di Candi Prambanan

POJOKJOGJA – Rombongan study tour SMK 4 Tangerang, Banten kesurupan massal setelah mengunjungi Candi Prambanan.

Rombongan mengalami kesurupan saat berada di Jl Veteran Umbulharjo, selatan simpang empat Sari Husada. Awalnya seorang murid tiba-tiba berteriak di dalam bus. Kemudian disusul dengan siswa lain. Tak berselang lama, ada lagi siswa yang berteriak histeris saat turun dari bus.

Salah seorang siswa yang kesurupan, tiba-tiba bisa berbahasa Jawa, padahal sebelumnya ia sama sekali tidak bisa berbahasa Jawa. Siswa tersebut berteriak histeris meminta agar selendangnya dikembalikan.

“Balekno lendange (kembalikan selendangnya),” katanya.

Beberapa orang kemudian membantu mencari selendang yang dicari siswa yang kesurupan itu. Guru kunci Candi Prambanan pun didatangkan.

Setelah ditemukan, kain tersebut dibawa ke Prambanan bersama siswa yang mencari kain tersebut dengan menggunakan ambulans.

“Ada yang mengambil kain selendang atau penutup batu candi. Sudah dibawa ke Prambanan lagi, semua sudah tenang,” kata Hidayat salah satu warga Umbulharjo yang turut mengobati siswa seperti dilansir Detik.

Melihat keriuhan yang terjadi, warga sekitar tiba-tiba memenuhi Jl Veteran. Aparat kepolisian dari Polresta Yogyakarta langsung mengamankan sekitar lokasi dengan menutup jalan.

(rin)

Baca Juga