Nasional

Sewindu Haul Gus Dur di Yogyakarta, Dihadiri Sejumlah Tokoh Hingga Seniman

POJOKJOGJA – Puncak gunung peringatan sewindu wafatnya Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dihadiri sejumlah tokoh, mulai pegiat lintas agama hingga seniman.

Ribuan undangan lainnya juga tampak hadir memenuhi auditorium Universitas Sanata Dharma Yogyakarta untuk mengenang delapan tahun meninggalnya Presiden RI ke-4 itu.

Bertajuk Ziarah Budaya, acara yang digelar pada Senin, 8 Februari 2018 ini dirangkaikan dengan dibukanya pameran foto Gus Dur sang tokoh pluralisme di perpustakaan Universitas Sanata Dharma.

Ketua Panitia Sewindu Haul Gusdur M Fakhrur Rifai mengatakan, ziarah budaya ini digelar untuk merefleksikan nilai-nilai yang telah Gus Dur ajarkan sejak dulu.

“Acara ini tidak dimaksudkan untuk mengkultuskan Gus Dur tetapi bagaimana kita bisa merefleksikan nilai-nilai yang beliau ajarkan, utamanya tentang kemanusiaan dan pluralisme,” kata Fakhrur.

Fakhrur mengaku prihatin melihat situasi Indonesia saat ini. Tidak sedikit pihak yang mengatasnamakan agama untuk kepentingan sesat. Hal itu kata dia berdampak pada perpecahan.

Olehnya itu, dalam peringatan Sewindu Haul Gusdur dipilih pula tema utama “Menjadi Gus Dur, Menjadi Indonesia”. Dalam acara ini dihadiri pegiat lintas agama dari kalangan Islam, Kristen, Buddha, Hindu, Katolik, dan Konghucu.

Mereka merupakan aktivis yang bergerak di isu-isu toleransi antar-umat beragama. Sementara, tokoh yang datang yakni Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Ulil Absar Abdalla, dan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

Sebelumnya dilakukan pula sejumlah rangkaian acara Gus Dur yang digelar oleh keluarga Gus Dur. Isteri Gus Dur, Shinta Nuriyah Wahid seagai pengisi acara.

“Gus Dur telah banyak meneladankan, saatnya kita melanjutkan,” ucap Fakhrur.

Sewindu wafatnya Gus Dur di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta ini merupakan yang terbesar yang melibatkan 60 jaringan. Selain di Yogyakarta, haul Gus Dur juga digelar di 99 titik dan 66 daerah. Ada empat negara yang ikut memperingati.

(dien)

Baca Juga