Pojok Jogja

Sentuhan Tangan Seniman Yogyakarta Dalam Desain Bandara Kulonprogo

POJOKJOGJA, Kulonprogo – Tahap demi tahap pembangunan Bandara Baru Kulonprogo atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) terus dilakukan.

Kali ini pihak Angkasa Pura I berencana menlibatkan para seniman untuk mendesain bandara yang ditargetkan rampung pada 2019 mendatang.

Sentuhan tangan para seniman diharap akan mempertahankan kearifan lokal Yogyakarta. Hal itupun mulai dibahas dalam focus group discussion (FGD yang digelar PT Angkasa Pura I.

Direktur Teknik PT Angkasa Pura I, Polana B. Pramesti mengatakan, FGD tersebut sudah dilakukan sebanyak tiga kali untuk membahas implementasi kearifan lokal dalam pembangunan NYIA.

“Dalam diskusi itu kami melibatkan kalangan seniman, budayawan, juga sejarawan di Yogyakarta. Jadi desain yang kami tampilkan ini sudah mengakomodasi masukan mereka,” ungkapnya Senin, 9 Oktober 2017.

Ia menyatakan, hingga saat ini penyusunan desain bangunan fisik NYIA sudah mencapai 90 persen. Di mana kata dia desain untuk kawasan airside maupun landside sudah selesai.

“Tapi masih membutuhkan sedikit perbaikan pada beberapa bagian. Kita targetkan rampung akhir Oktober ini,” jelasnya.

Jadi lanjut Polana, setelah rampung bisa langsung diterapkan dalam pekerjaan konstruksi yang juga segera dimulai.

Ia menjelaskan, sentuhan kearifan lokal yang ada pada bangunan NYIA merupakan salah satu permintaan dari Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi.

Sebab menurut Menhub Budi Karya Yogyakarta memiliki banyak seniman dan budayawan yang tak kehabisan ide.

“Pak Menhub bilang Yogyakarta sangat menghargai kearifan lokal. Jadi Menhub meminta Angkasa Pura I melakukan diskusi dan pembahasan agar kearifan lokal tampil di bangunan ini,” jelasnya.

(dien)

 

Baca Juga