Nasional

Sebut Kitab Suci Itu Fiksi, Rocky Gerung Dipolisikan Abu Janda

POJOKJOGJA – Dosen Universitas Indonesia Rocky Gerung dipolisikan Abu Janda karena pernyataannya di salah satu acara stasiun televisi swasta, yang menyatakan ‘kitab suci itu fiksi’.

Permadi Arya atau lebih dikenal sebagai Abu Janda menegaskan bukan hanya dirinya, melainkan juga beberapa pemuka agama yang merasa keberatan dengan pernyataan Rocky Gerung.

“Bukan hanya itu, saya sebagai umat muslim, Bang Jack sebagai Kristiani. Juga tadi ada bang Fardian yang beragama Buddha. Malam ini ada tiga agama, muslim, Kristen, Buddha, mewakili umat yang merasa tersakiti oleh pernyataan saudara Rocky Gerung bahwa kitab suci itu fiksi,” kata Permadi Rabu, 11 April 2018.

Alasan Permadi jelas bahwa Rocky telah melukai sejumlah umat beragama. Kata Permadi, dalam KBBI jelas diterangkan bahwa fiksi merupakan hal yang tidak nyata.

“Saudara Rocky Gerung tidak bisa berkelit meskipun tidak menyebut secara spesifik menyebut agama apa, tapi yang namanya kitab suci, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), itu kitab suci merujuk ke Alquran, Injil dan lain-lain,” lanjut Permadi.

Sementara itu, Jack Boyd Lapian selaku Sekjen Cyber Indonesia mengatakan pihaknya tidak ingin berdebat mengenai kitab suci tersebut, pihaknya hanya akan menyerahkan sepenuhnya kepada saksi ahli.

“Biar saksi ahli yang mengamini,” kata dia.

Ada pun laporan mengenai pernyataan Rocky Gerung, tertuang dengan nomor polisi TBL/2001/IV/2018/PMJ/Dit.Reskrimsus tanggal 11 April 2018. Perkara yang dilaporkan ialah dugaan menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan suku, agama, ras dan antar golongan sesuai pasal 28 ayat (2) Jo pasal 45 A ayat (2) UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 Tahun 2008 tentang ITE.

(rin)