Pendidikan

SBMPTN 2018 , Ini Lima Jurusan Favorit di UNY

POJOKJOGJA – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) telah dibuka pada Rabu, 21 Februari 2018 kemarin. Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) juga telah melakukan persiapan untuk menerima para pendaftar.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) misalnya, di 2018 ini UNY siap menerima 1.646 mahasiswa baru untuk jenjang strata satu (S1). Sebelumnya Wakil Rektor I Bidang Pendidikan UNY Margana mengungkapkan di UNY ada lima jurusan yang paling difavoritkan.

“Yang pertama itu adalah program studi (prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Setiap tahunnya prodi ini selku menerima kuota dengan mahasiswa terbanyak,” ungkap Margana.

Selain PGSD jurusan lain yang juga menjadi favorit para calon mahasiswa baru di UNY seperti Manajemen, Akutansi, Administrasi Negara, Pendidikan Teknik Informatika, dan Ilmu Komunikasi.

Margana menjelaskan, UNY juga tekah menetapkan persentase mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN yaitu sebanyak 35 persen.

“Adapun untuk SBMPTN kami tetapkan 35 persen dan Seleksi mandiri sebanyak 30 persen,” tambah Margana.

Secara total, di 2018 ini kuota untuk jenjang S1 UNY lsebanyak 4.690 mahasiswa dan 580 mahasiswa jenjang D3. Dengan begitu, kuota mahasiswa yang diterima dari jalur SNMPTN di UNY jenjang S1 sebanyak 1.647, SBMPTN 1.647, dan Seleksi Mandiri 1.396.

Tercata, prodi Manajemen dan Akuntansi menerima 25 kuota mahasiswa baru dari jalur SNMPTN. Sementara untuk jurusan Pendidikan Teknik Informatika hanya mendapatkan kuota sebanyak 14 mahasiswa baru. Demikian sepertidihimpun dari laman resmi Penerimaan Mahasiswa Baru UNY.

Sementara ntuk Prodi favorit lain seperti Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi pun sama-sama memiliki daya tampung sebanyak 28 kuota mahasiswa dari SNMPTN 2018. Adapun jurusan PGSD menerima kuota SNMPTN UNY paling banyak, yakni sebesar 84 mahasiswa.

Seperti dihimpun dari laman SNMPTN, prodi PGSD mengalami kenaikan jumlah kursi bila dibandingkan SNMPTN periode sebelumnya. Pada tahun 2017 lalu, prodi ini berkuota 72 kursi dengan jumlah peminat 2.081 siswa. Sementara presentasi penerimaan mahasiswa baru ada di angka 3,46 persen.

(dien)

Baca Juga