Nasional

Punya 5 Gelar Doktor, Faktanya Megawati Soekarnoputri Tak Lulus Kuliah

POJOKJOGJA – Megawati Soekarnoputri pada hari ini, Selasa 23 Januari 2018, genap berusia 71 tahun. Presiden ke 5 Indonnesia tersebut memiliki banyak gelar doktor. Setidaknya ada 5 gelar doktor dari universitas dalam dan luar negeri.

Kendati demikian, tak banyak yang tahu bahwa Megawati sebenarnya tak lulus kuliah. Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut pernah bercerita kalau dirinya sempat kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung di tahun 1965.

“Dua tahun saya belajar di Unpad. Kesemuanya memaksa saya untuk tidak melanjutkan kuliah,” kata Mega saat menerima gelar doktor dari Unpad.

Kuliah Megawati terpaksa terhenti lantaran kondisi politik saat itu sangat buruk.

Megawati lalu kuliah kembali di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada 1970, tapi ia juga tak menamatkan kuliahnya.

Meski tak pernah menamatkan kuliahnya, Megawati berhasil menjadi Presiden RI ke 5 dengan lima gelar doktor di antaranya dari Universitas Waseda, Tokyo, Jepang, Korea Maritime and Ocean University, Moscow State Institute of International Relation. Dan yang terakhir, gelar doktor kehormatan di bidang politik pendidikan dari Universitas Negeri Padang.

(Rin)