Pojok Jogja

Puncak Peringatan HUT ke-261 Yogyakarta, Hindari Jalan Ini

POJOKJOGJA – Bagi Anda yang berencana bepergian pada Sabtu, 7 Oktober 2017 malam, sebaiknya pikir-pikir dulu untuk melalui sejumlah jalan di Yogyakarta.

Kenapa? Sebab sejumlah ruas jalan di pusat Kota Yogyakarta akan ditutup dalam rangka puncak peringatan HUT ke-261 Kota Yogyakarta.

Penutupan jalan tersebut akan dilakukan selama enam jam karena akan digelarnya Wayang Jogja Night Carnival. Acara ini tentunya juga disuguhkan untuk masyarakat Yogyakarta maupun para wisatawan.

Perhelatan karnaval wayang dan penutupan sejumlah ruas jalan dipastikan akan berdampak padatnya kendaraan di beberapa ruas jalan yang menghubungkan dengan lokasi acara.

Wayang Jogja Night Carnival sendiri akan dipusatkan di Tugu Pal Putih Yogyakarta. Pagelaran ini akan dimulai pada pukul 18.00 WIB.

Kepala Bidang Lalulintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Yulianto mengimbau pada masyarakat untuk memperhatikan titik-titik lokasi yang ditutup agar tidak terjebak kemacetan.

“Penutupan jalan akan dimulai pada pukul 17.30 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Titik penutupan dilakukan di beberapa lokasi yaitu dari sisi simpang timur simpang Gramedia, depan toko buku Gramedia akan ditutup,” jelasnya, Jumat 6 Oktober 2017.

Ia melanjutkan, penutupan jalan juga akan dilakukan di Jalan Sabirin sisi utara di ujung utara, di samaping kantor Arpus, di depan McDonald Jalan Sudirman, dari arah utara Jalan C Simnanjutak kendaraan akan diarahkan hanya ke timur.

Ia memastikan di depan McDonald nantinya tepatnya di Jalan Sudirman akan bersih dari kendaraan saat pagelaran berlangsung.

“Sementara di Jalan Faridan Noto kita tutup di ujungnya, karena untuk menurunkan para peserta,” tambah Yulinato.

Dari arah utara lanjutnya lagi, penutupan dilakukan di Simpang Jetis. Ada dua alternatif kata Yulianti, kendaraan yang dari utara dapat diarahkan ke kanan yakni ke Jalan Wolter Mongosidi atau ke kiri di jalan Sarjito.

Di Simpang Pingit dari Jalan Magelang, kendaraan juga tidak diperbolehkan ke timur, sehingga penutupan dilakukan di Jalan Asem Gede.

“Dampak dari penutupan tersebut, diperkirakan akan terjadi kepadatan kendaraan di beberapa ruas jalan. Antara lain di Jalan Cik Ditiro, Jalan C Simanjutak, simpang Mirota, Jalan Suroto, Jalan Wolter Mongosidi, Jalan Sarjito, Jalan Magelang, Jalan Tentara Pelajar dan juga di Jalan Malioboro,” jelasnya.

Pihaknya memprediksi, kepadatan kendaraan kemungkinan akan banyak terjadi di Jalan Suroto karena semua kendaraan akan masuk ke sana. Begitupun dengan Jalan Maliboro yang biasanya akan berimbas.

Jadi, Yulianto mengimbau bagi masyarakat yang akan menyaksikan kegiatan puncak HUT Kota diminta untuk memarkir kendaraanya di kantong-kantong parkir yuang sudah disediakan.

Beberapa area parkir yang sudah disediakan yaitu di Jalan Poncowinatan dan di seputaran McDonald Jalan Sudirman. Sedangkan untuk parkir kendaraan tamu atau parkir VVIP dan VIP disediakan di sisi utara dan selatan Jalan Diponegoro serta di sisi utara Jalan Jenderal Sudirman.

“Sekitar 600 personel gabungan dari Dinas Perhubungan DIY, kepolisian dan Satpol PP akan diterjunkan untuk ikut mengatur lalu lintas saat acara berlangsung,” ungkap Yulianto.

Arak-arakan Wayang Jogja Nights Carnival ini akan berlangsung mulai dari Jalan Sudirman ke arah Tugu Pal Putih, kemudian ke arah selatan menuju Jalan P Mangkubumi.

(dien)

Baca Juga