Dunia

Pria Imigran yang Jadi ‘Spiderman’ Diberikan Status Warga Negara Prancis

POJOKJOGJA – Pemerintah Prancis berencana memberikan status warga negara kepada imigran asal Mali yang telah menyelamatkan bocah 4 tahun yang nyaris jatuh dari balkon lantai empat apartemen.

Mamoudou Gassama (22) ternyata seorang imigran ilegal asal Mali yang tiba di Prancis pada September 2017. Sosoknya menjadi bincangan publik lantaran keberaniannya menyelamatkan seorang bocah.

Seperti Spiderman, Gassama mempertaruhkan nyawanya saat memanjati balkon untuk menggapai bocah yang tergantung di pagar balkon.

Jika Gassama tidak cekatan, balita 4 tahun tersebut nyaris jatuh dan tak dapat diselamatkan. Aksi Gassama pun dipuji banyak orang termasuk Presiden Prancis, Emmanuel Macron.

Pada Senin, 28 Mei 2018 waktu setempat, Gassama pun diundang bertemu Macron di Elysee Palace. Dalam pertemuan itu, Macron memberikan penghargaan atas keberaniannya dan menyatakan Gassama akan diberi status warga negara Prancis.

“Ini tindakan luar biasa,” kata Macron kepada Gassama. “Kita jelas akan segera mengurus seluruh dokumen-dokumen Anda dan jika Anda menginginkannya, kita akan memulai proses naturalisasi agar Anda bisa menjadi warga negara Prancis,” Macron menegaskan.

Saat itu, Gassama juga menerima medali keberanian dan ditawari untuk bergabung dalam Dinas Pemadam Kebakaran Prancis.

“Saya tidak berpikir apapun. Saya hanya naik ke atas,” kata Gassama kepada Macron.

“Bravo,” balas Macron.

“Saya merasa senang karena ini pertama kalinya saya menerima penghargaan seperti ini,” kata Gassama.

Tak hanya Macron, Wali Kota Prancis, Anne Hidalgo juga memuji Gassama. Dia bahkan menyebut pria tersebut sebagai ‘Spiderman wilayah 18’

“Selamat kepada Mamoudou Gassama atas keberaniannya sehingga nyawa seorang anak terselamatkan,” kata Hidalgo dalam cuitannya di Twitter.

(rin)

Baca Juga