Dunia

Potret Mantan Presiden Obama Diresmikan

POJOKJOGJA – Barack dan Michelle Obama kembali muncul di hadapan publik di Washington, kali ini untuk menghadiri acara yang tidak ada kaitannya dengan politik.

Potret resmi Obama dan Michelle diresmikan di Galeri Potret Nasional Smithsonian, sebuah situs yang memajang semua potret mantan presiden Amerika Serikat.

Ini mungkin menjadi potret yang paling dinantikan. Karena pelukisnya dipilih sendiri oleh Obama. Ia memilih Kehinde Wiley, seorang pelukis Afrika-Amerika yang terlatih dari Universitas Yale.

Lukisan Obama menggambarkian mantan presiden itu tengah duduk di sebuah kursi dengan latar belakang dedaunan hijau.

Dalam sambutannya, Obama mengakui dirinya sempat meminta Wiley agar mengecilkan sedikit pada bagian telinganya dan meminta agar rambutnya berwarna kelabu.

“Saya mencoba bernegoisasi dengan ukuran telinga yang lebih kecil,” canda Obama di atas podium dilansir laman CNN, Selasa 13 Februari 2018.

Pilihan Obama terhadap Wiley sebagai pelukisnya merupakan hal pertama orang Afrika-Amerika melukis potret resmi kepresidenan.

Wiley merasa beruntung telah dipercaya oleh Obama untuk melukis potretnya. Wiley mengumpulkan ribuan foto Obama agar menciptakan lukisan Obama yang begitu nyata.

Adan pun latar belakang dedaunan. Wiley mengatakan bahwa dia mencatat dari perjalanan kepemimpinan Obama. “Dia mencatatkan jalannya di Bumi,” kata Wiley.

(Rin)

Baca Juga