Pojok Jogja

Pilgub Jateng, Tak Ada Keistimewaan Bagi Inkumben Ganjar Pranowo

POJOKJOGJA, Solo – Tak ada keistimewaan bagi inkumben Ganjar Pranowo dalam pemilihan gubernur Jawa Tengah (Jateng) mendatang. Peluang Ganjar Pranowo mendapatkan rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), sama dengan bakal calon lainnya.

Politisi PDI-P asal Daerah Pemilihan Jateng V, Arya Bima, menegaskan tidak ada keistimewaan dalam proses seleksi seluruh bakal calon Gubernur Jawa Tengah melalui PDI-P. Kata dia, semua calon memiliki peluang fifty-fifty dalam memperoleh rekomendasi DPP PDI-P.

Kendati demikian, tak dapat dipungkiri, inkumben memang memiliki pertimbangan khusus, terutama penilaian kerja selama menjabat Gubernur Jateng.

Ada beberapa penilaian untuk inkumben, di antaranya penilaian berdasar hasil survei kepuasan rakyat terhadap kinerja yang bersangkutan, sinergitas pelaksanaan program daerah dengan pemerintah dan lain-lain.

Penilaian tersebut juga berlaku untuk kal calon lain. “Berlaku untuk semua calon, hanya saja cakupan materinya bersifat umum dan sebatas kinerja sesuai latar belakang masing-masing,” lanjut Arya Bima.

Arya memastikan proses seleksi bakal calon kepala daerah PDI-P kali ini, semakin mapan di bawah kendali DPD PDI-P.

“Tak ada lagi avonturir rekomendasi yang dulu pernah berseliweran setiap musim pemilihan kepala daerah,” kata dia.

(ika)