Pojok Jogja

Pesimistis dengan APBD, Pemkot Yogyakarta Libatkan Swasta Bangun Science Park

POJOKJOGJA – Pemerintah Kota Yogyakarta telah merancang pembangunan Science Park. Sciene Park yang sejak awal direncanakan dibangun di bagian selatan ini rencananya akan melibatkan pihak swasta.

Pemkot Yogyakarta pesmistis jika pembangunan tetap dilakukan dengan mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Kalau hanya APBD yang diandalkan, kemungkinan besar pembangunannya tidak akan selesai-selesai,” ungkap Wali Kota Yogya Haryadi Suyuti.

“Karena APBD yang dimiliki Pemkot Yogya, jumlahnya terbatas,” tambahnya.

Untuk diketahui, pembangunan Science Park ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengembangkan Yogya bagian selatan.

Pembangunan Science Park ini merupakan bagian dari kegiatan pembangunan berwawasan lingkungan dan menjadi program prioritas pembangunan jangka menengah Kota Yogyakarta.

Keterlibatan peran swasta dalam pembangunan nantinya, tidak akan membuat mereka (swasta) menjadi ownership, melainkan partnership.

“Ya, mereka akan menjadi partnership untuk mempercepat pembangunan Science Park,” ujar Haryadi.

Saat ini Pemkot Yogya tengah melakukan pengkajian potensi ekonomi, sosial, dan daya tarik di wilayah Yogya bagian Selatan. Hal itu kata Haryadi penting dilakukan guna meyakinkan pihak swasta agar lebih tertarik.

“Kami pastikan, pembangunan di wilayah selatan akan tetap mengedepankan aspek lingkungan. Tak jauh berbeda dengan Taman Pintar, Science Park, konsepnya berbasis ruang terbuka hijau juga memiliki fungsi edukasi,” papar Haryadi.

(dien)

Baca Juga