Pojok Jogja

Pertahankan Piala Adipura, Yogyakarta Kembangkan Program Sekolah Adiwiyata

POJOKJOGJA – Pada 2017 lalu, Yogyakarta berhasil meraih Piala Adipura. Untuk tetap mempertahankannya Pemkot Yogyakarta berencana untuk terus mengembangkan berbagai program.

Di 2018 ini Pemkot Yogyakarta akan meningkatkan dan mengembangkan program Sekolah Adiwiyata atau sekolah berwawasan lingkungan. Program ini akan melibatkan seluruh sekolah di Kota Yogyakarta.

Wakli Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, dalam program ini diharapkan sinergitas antara siswa dan guru, juga seluruh warga sekolah.

“Guna mewujudkan suksesnya program Sekolah Adiwiyata ini kami berharap seluruh warga sekolah bisa terlibat. Hal ini juga demi menciptakan suasana belajar yang nyaman dan sehat,” ungkap Heroe, Jumat, 23 Februari 2018.

Ia mengaku telah menyampaikan rencana program tersebut kepada seluruh sekolah di Kota Yogyakarta. Heroe juga meminta kepala sekolah untuk melakukan evaluasi untuk setiap kegiatan untuk menghadapi penilaian Piala Adipura 2018.

Menurutnya, pihak sekolah juga perlu melakukan rencana strategis agar bisa mempertahankan kan prestasi sekaligus menularkan prestasi yang diraih kepala sekolah lainnya.

“Melalui evaluasi kita bisa tahu kekurangan, sedangkan melalui strategi bisa disiapkan langkah yang dibutuhkan guna meraih prestasi yang diharapkan,” jelas Heroe.

Ia juga menjelaskan, efisiensi dalam pelaksanaan program ini bisa dilakukan dengan cara menghemat energi. Selain itu program tersebut dinilai bisa menjadi pembelajaran bagi para generasi muda.

“Ini bisa meningkatkan kepedulian para generasi muda pada lingkungan sekitar. Kami bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogya dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogya akan terus mengampanyekan dan mensosialisaskan lingkungan sekolah yang berkualitas,” terangnya.

(dien)

Baca Juga