Life Style

Perempuan Prasejarah dengan Perempuan Modern, Kuat Mana?

POJOKJOGJA – Studi yang diterbitkan jurnal Science Advances edisi 29 November 2017 mengungkapkan perempuan di masa prasejarah memiliki lengan yang lebih kuat dibanding perempuan modern.

Studi tersebut telah menganalisis lengan dari 94 fosil perempuan dari Eropa Tengah. Perempuan yang hidup di antara 5300 sebelum Masehi sampai 850 Masehi kerap melakukan aktivitas berat. Mereka mengolah tanah, memanem dan menggiling gandum dengan menggunakan tangan mereka.

“Mereka melakukannya terus menerus bahkan sejak masih berusia muda,” kata Alison Macintosh, seorang antropolog di Universitas Cambridge yang memimpin studi, seperti dilansir laman The Verge, Senin, 4 Desember 2017.

Macintosh dan timnya membandingkan 94 fosil lengan perempuan dengan lengan 83 perempuan modern mahasiswi Cambridge yang ikut klub mendayung.

“Tulang menyimpan banyak informasi, termasuk catatan biologis dan aktivitas pemiliknya,” kata Macintosh.

Lebih lanjut kata dia, fakta perubahan aktivitas manusia prasejarah juga mempengaruhi kondisi tulang. Menurut studi tersebut, perubahan lebih kentara ketimbang pada perempuan. Nah, Macintosh dan tim ingin membuktikan hipotesa mereka tentang perubahan kekuatan tulang antara perempuan prasejarah dan modern.

“Temuan kami menunjukkan bahwa wanita melakukan banyak hal, beberapa mungkin memiliki tulang kaki yang sangat kuat karena aktivitas beratnya, sementara wanita lain mungkin lebih banyak duduk,” kata Macintosh.

(rin)

Baca Juga