Pojok Jogja

Pemkot Yogyakarta Pastikan Revitalisasi Malioboro Tuntas Tahun Ini

POJOKJOGJA – Pemerintah Kota Yogyakarta memastikan revitalisasi pedestrian Malioboro akan dirampungkan di 2018 ini. Mengingat revitalisasi tersebut sudah memasuki tahap kedua.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY, M Mansyur mengatakan, pedestrian sisi barat kawasan dan ikon wisata Yogyakarta akan dirampungkan mulai dari rel barat hingga Ngejaman.

Salah satunya, pembenahan eks bioskop Indra. Ia berharap adanya bantuan wali kota dan wakil wali kota Yogyakarta.

“Kami berharap untuk perampungannya ada bantuan dari pihak Pemkot, agar bisa terselesaikan kegiatan kami di tahun 2018,” jelas Mansyur.

Sebab kata dia, sesuai arahan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, pada 2019 revitalisasi sisi barat harus sudah diselesaikan.

Di 2018 sesuai dengan tahapan, pihaknya akan menyelesaikan pedestrian sisi barat Kawasan Malioboro di penggal Malioboro, Jalan Margomulyo dan Jalan Pangurakan.

“Insya Allah nanti ditambah penataan gedung eks Bioskop Indra yang digunakan untuk PKL, kuliner dan sebagian nanti digunakan untuk penampungan dagangan PKL,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Bioskop Indra akan dibangun tiga lantai. Ia menyebut, eks Bioskop Indra memang belum bisa menampung seluruh PKL Malioboro.

Terkait kapasitas, pihaknya akan melihat lebih dulu dab bergantung alasan dari gubernur. Mansyur menyatakan, terlebih dulu akan memaparkan dulu di hadapan Sultan.

“Jadi akan dipaparkan dulu di mana-mana yang harus direlokasi. Prinsipnya tidak menggusur, tapi lebih mentata agar lebih bagus,” jelasnya.

Pihaknya menuturkan, revitalisasi pedestrian sisi barat Kawasan Malioboro dan Eks Bioskop Indra ini ditargetkan akan selesai di tahun 2018 ini.

(nis)

Baca Juga