Belanja

Pemkot Yogyakarta-BPD DIY Luncurkan e-SPTPD

POJOKJOGJA – Pemerintah Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY resmi meluncurkan surat pemberitahuan pajak daerah elektronik atau e-SPTPD. Program ini mulai diperuntukkan kepada para wajib pajak di wilayah Kota Yogyakarta.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta di Yogyakarta, Kadri Renggono mengatakan e-SPTPD disosialisasikan kepada wajib pajak hotel, restoran, dan hiburan.

“Pembayaran pajak secara elektronik tersebut ditujukan guna peningkatan pelayanan, bukan menambah beban wajib pajak serta untuk akuntabilitas pajak daerah,” katanya saat peluncuran di kantor BPD DIY Cabang Senopati, Kamis, 7 Desember 2017.

Ia menjelaskan, saat ini Pemkot Yogyakarta terus berusaha memberikan pemahaman kepada wajib pajak terkait dengan mekanisme pembayaran pajak secara elektronik.

Dengan hadirnya layanan e-SPTPD ini kata dia, setiap wajib pajak cukup mengisi formulir secara online dan langsung menerima “e-billing” sebagai bukti untuk membayar pajak di bank, diharapkan layanan ini berjalan lancer ke depannya.

“Sebelum adanya e-SPTPD, prosedur mengharuskan setiap wajib pajak yang akan menyerahkan pajak, melalui loket pembayaran dan mengisi formulir SPTPD non-elektonik secara manual setiap tanggal 1 hingga 10 tiap bulannya,” ungkapnya.

Kadri menjelaskan, untuk e-SPTPD wajib pajak bisa mengisi formulir SPTPD menggunakan komputer ataupun tablet yang tersambung ke internet. Di mana nantinya wajib pajak hanya perlu untuk mendaftar secara onlien.

“Pendaftaran secara online dapat juga digunakan untuk pemutakhiran data wajib pajak,” katanya.

Namun lanjut Kadri, tidak semua jenis pajak bisa dilayani dalam program ini. Artinya, hanya ada lima pajak yang masuk dalam program ini. Kelima pajak tersebut yakni, pajak hotel, restoran, parkir, dan hiburan

Olehnya itu, ia berharap seluruh wajib pajak bisa mengakses layanan e-SPTPD untuk memudahkan dan mempercepat proses pembayaran pajak.

(dien)

Baca Juga