Pojok Jogja

Pemkot Yogyakarta Akan Bangun Perpustakaan di Wilayah Selatan

POJOKJOGJA – Perpustakaan baru di wilayah selatan Yogyakarta ditargetkan akan terwujud pada awal 2019 mendatang.

Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta berencana akan mendirikan perpustakaan dengan fasilitas yang sama dengan perpustakaan lama di Kotabaru.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko megatakan, koleksi buku yang lengkap juga akan sediakan nantinya.

“Kami juga akan melengkapi dengan fasilitas ruang diskusi, jaringan internet yang bisa diakses gratis untuk masyarakat mulai pukul 08.00-24.00 WIB,” ungkapnya, Rabu, 6 September 2017.

Rencana penambahan perpustakaan tersebut kata Wahyu telah lama diwacanakan seiring dengan pengembangan perekonomian bersama beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) di Yogyakarta bagian selatan.

Namun lanjutnya lagi, rencana yang sudah masuk APBD 2017 itu tertunda akibay adanya rasionalisasi anggaran.

“Kami akan anggarkan kembali lewat APBD 2018 mendatang. Rencana itu tidak membutuhkan biaya banyak,” kata Wahyu.

Ia menyebutkan, pembangunan perpustakan baru itu akan memanfaatkan gedung dan lahan yang selama ini digunakan sebagai rumah pemulihan gizi (RPG) Dinas Kesehatan di Jalan Mayjen Sutoyo, Umbulharjo.

Wahyu merincikan, total luas lahan dan bangunan di lokasi tersebut sekitar 1.000 meter persegi. Untuk penganggaran rehabilitasi gedung dengan desain perpustakaan akan diakomodasi oleh Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman.

“Dinas Arsip dan Perpustakaan hanya menganggarkan untuk melengkapi fasilitas perpustakaannya dengan anggaran sekitar Rp1 miliar,” ujar Wahyu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, di kawasan perpustakaan nantinya juga akan ada PAUD yang dikelola oleh PKK Kota Yogyakarta. Hal itulah menurut Wahyu yang bisa melengkapi fasilitas perpustakaan. Di mana PAUD dan RPG akan disinergikan.

(dien)

Baca Juga