Pojok Jogja

Pemkot Siapkan Rp92 Miliar untuk Pengentasan Kemiskinan di Yogyakarta

POJOKJOGJA – Anggaran sebesar Rp92 miliar telah disiapkap Pemerintah Kota Yogyakarta untuk pengentasan kemiskinan. Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, anggaran itu murni berasal dali APBD Kota Yogyakarta.

Namun kata Heroe, anggaran tersebut belum termasuk bantuan program dari Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Pemerintah Pusat.

“Kami sudah meminta semua organisasi perangkat daerah (OPD) agar pengentasan kemiskinan melalui satu pintu atau tidak berjalan sendiri-sendiri,” kata Heroe, akhir pekan lalu.

Heroe mengaku belum bisa menyebutkan berapa persen anggaran pengentasan kemiskinan karena Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 masih dibahas di DPRD Kota Yogyakarta.

Ia menyebutkan, berdasarkan data kemiskinan, di 2016 ini masih berada di angka 8,7 persen. Heroe berharap RPJMD bisa selesai dibahas sebelum akhir bulan.

“Nantin, jika sudah ada angka kesepakatan pengurangan kemiskinan lima tahun ke depan, barulah akan dilakukan breakdown per tahun target pengurangan kemiskinan,” ungkap Heroe.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Yogyakarta Antonius Fokki Ardianto mengapresiasi langkah Pemkot Yogyakarta dalam upaya pengentasan kemiskinan.

“Sejauh ini pengentasan kemiskinan tidak menyentuh pemberdayaan. Banyak bantuan yang digelontorkan tapi itu sifatnya hanya belas kasihan, bukan pemberdayaan,” bebernya.

Sehingga lanjut Antonio, tidak membuat perekonomian keluarga yang diberikan bantuan bisa bergerak signifikan.

Olehnya itu, dalam rapat RPJMD ia menyatakan, Fraksi PDIP dan Fraksi PKS dalam rapat RPJMD mengusulkan agar pendekatan pengentasan kemiskinan diubah, bukan fokus pada bantuan, melainkan pada pemberdayaan.

(dien)

Baca Juga