Pojok Jogja

Ombak Tinggi, SAR Imbau Wisatawan Parangtritis Tetap Waspada

POJOKJOGJA – Memasuki awal musim penghujan, ombak di kawasan Pantai Parangtritis diprediksi bisa lebih ekstrem dari biasanya.

Olehnya di Tim Search and Rescue (SAR) Parangtritis mengimbau kepada para wisatawa untuk tetap berhati-hati dan waspada.

“Di kawasan Pantai Selatan, Bantul itu ancamannya lebih kepada ketinggian ombak. Jadi kami minta wisatawan untuk tetap berhati-hati,” kata Komandan SAR Parangtritis, Ali Sutanto, Selasa, 9 Oktober 2017.

Untuk ancaman lain kata dia seperti ubur-ubur sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Ia menyatakan, wisatawan sebaiknya tetap mematuhi peraturan yang ada di kawasan pantai tersebut.

“Misalnya, tidak bermain air di kawasan yang diwaspadai ada palung-palung lautnya,” ujar Ali.

Ombak dengan ketinggian dua sampai tiga meter sudah termasuk berbahaya dan sulit diprediksi datangnya dengan cuaca yang semakin ekstrem saat ini.

Para wisatawan juga diminta agar tidak terlalu jauh dari tepi pantai. Olehnya itu petugas akan terus mengawasi dan mengimbau pengunjung.

Ia menambahkan, petugas juga berpatroli dan mengimbau melalui pengeras suara.

“Anggota SAR Parangtritis sebanyak 66 orang, yang dibagi di beberapa pantai. Seperti Depok, dan Parangkusumo,” terang Ali.

Sebelumnya, Prakirawan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, Sigit Hadi Prakosa mengatakan, saat ini cuaca di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masuk kategori ekstrem.

“Hujan lebat disertai angin kencang, yang terjadi hingga dasarian kedua Oktober ini,” ungkapnya.

(dien)

Baca Juga