Pojok Jogja

Misteri Lubang Raksasa di Gunungkidul

POJOKJOGJA – Masyarakat Gunungkidul kembali dihebohkan dengan muncul lubang raksasa di tanah. Fenomena ini bahkan terjadi di empat titik lokasi di Gunungkidul.

Lahan pertanian warga tak lagi bisa ditanami akibat amblas hingga lubang besar itu terjadi. Fenomena tersebut bahkan terjadi di Desa Bedoyo, Ponjong, yang notabene merupakan bentangan kars.

Terdapat dua titik lubang besar di kawasan Desa Ponjong, sementara dua lainnya terdapat di Padukuhan Pringluwang, di Surubendo, dan Bulak Songjembul.

Hal ini juga mengundang perhatian dari Ahli Geologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Wahyu Wilopo. Lubang raksasa yang ada di Gunungkidul itu merupakan fenomena tanah amblas.

“Sebenarnya ini bukan kejadian aneh, karena bisa dijelaskan secara ilmiah. Fenomena ini disebut sinkhole,” ungkapnya.

Proses tersebut terjadi akibat adanya rongga di bawah tanah yang tergerus karena terdorong beban air yang berat. Misalnya saja saat terjadi curah hujan yang cukup tinggi.

Hal itulah yang menjadikan munculnya kubangab besar di atas tanah. Maka jika terjadi cekungan air akan berkumpul di titik itu.

“Jika sudah demikian membuat saluran drainase yang baik bisa menjadi solusi yang tepatbagar air tidak tertampung di lubang tersebut,” jelas Wahyu.

Lokasi-lokasi terjadinya sinkhole tersebut merupakan zona yang memang berpotensi terjadinya tanah amblas. Sebab wilayah itu terdeteksi memliki struktur tanah gamoing atau karst.

“Seperti diketahui, tanah gamping atau karst memiliki banyak rongga, sehingga air mudah meresap masuk,” tambahnya.

Wilayah yang memiliki struktur batu gamping yang mengalami karstifikasi cenderung berpotensi amblas karena proses pelarutan yang membentuk gua atau sungai bawah tanah.

Sinkhole lanjut Wahyu akan terjadi jika erosi di dalam gua atau sungai bawah tanah berlangsung secara terus-menerus.

“Apalagi jika ditambah beban di atas permukaannya, maka akan lebih mudah terjadinya sinkhole itu,” jelasnya.

Oleh karena itu, Wahyu mengimbau pada masyarakat yang tinggal di daerah karst untuk selalu waspada akan ancaman bencana tersebut. Biasanya sinkhole terjadi diawali adanya retakan melingkar dan terbentuk cekungan.

(dien)

Baca Juga