Nasional

Meski Putri Presiden Pernikahan Kahiyang Ayu Terbilang Sederhana, Ini Buktinya

POJOKJOGJA – Menjadi sorotan publik, wajar-wajar saja. Bagaimana tidak, yang menggelar pernikahan ini adalah orang nomor wahid Indonesia.

Meski bukan yang pertama kalinya seorang anak presiden menggelar acara pernikahan, namun tetap saja perhelatan ini akan menjadi perhatian masyarakat.

Pernikahan Putri semata wayang Presidw Joko Widodo berlangsung digelar hari ini, Rabu, 8 November 2017. Tapi, sejumlah rangkaian acaranya sudah digelar sejak Senin, 6 November 2017.

Tak sedikit komentar nyinyir dari sejumlah pihak, yang menyebut pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution ini digelar terlalu mewah.

Padahal, ada banyak aspek yang membuktikan bahwa pernikahan putri Jokowi ini terbilang cukup sederhana.

Berikut sejumlah fakta yang dirangkum jogja.pojoksatu.id tentang sederhananya pernikahan Kahiyang meski menyandang status anak seorang presiden.

1. Katering

Salah satu prosesi Jokowi Mantu di tandai dengan dilakukannya wilujengan atau kendurian. Acara ini berlangsung Senin, 6 November 2017 di kediaman pribadi Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo.

Dalam acara ini keluarga Jokowi tak menggunakan jasa katering dari luar, melainkan katering Chili Pari yang merupakan milik putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

2. Gedung

Pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution rencananya digelar di Gedung Graha Saba Buana. Di gedung ini meski persiapan pernikahan sudah dilakukan, namun tidak ada persiapan khusus yang dilakukan, termasuk sterilisasi.

Bahkan, masyarakat masih diperbolehkan menggunakan gedung tiga hari sebelum pernikahan.

Gedung berkapasitas 2.000 orang ini berada di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah. Gedung Graha Saba Buana juga menjadi lokasi pernikahan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda dua tahun lalu.

Masih, merupakan produk keluarga. Itulah yang menjadi alasan pemilihan gedung ini sebagai lokasi resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby. Gedung imi dikelolal olah putra sulung, Gibran Rakabuming Raka. Lokasinya pun tak jauh dari kediaman pribadi Presiden Jokowi.

3. Bukan Make up artist

Dalam seluruh proses pernikahannya, Kahiyang Ayu tak mau neko-neko. Urusan make up ia lebih memilih untuk menggunakan make up tradisional.

Ada lima perias tradisional dan timnya dilibatkan untuk rangkaian pernikahan putri Jokowi ini.

4. Perancang Busana

Busana pengantin yang dikenakan Kahiyang merupakan hasil rancangan dari Tuty Adib.

Tak jauh berbeda dengan pernikahan Gibran Rakabuming dengan Selvi, busana pengantin pernikahan Kahiyang juga diserahkan pada desainer Tuty Adib.

Sang desainer sendiri merupakan teman lama dari Iriana Jokowi atau sang ibu dari Kahiyang. Desainer Tuty Adib beberapa kali merancang busana untuk keluarga Jokowi.

5. Lokasi foto Prawedding

Pemilihan lokasi foto pra wedding Kahiyang-Bobby juga terbilang biasa untuk kelas seorang anak presiden. Kahiyang dan Bobby memilih lokasi foto prewedding di Indonesia.

Lokasi yang dipilih meliputi Candi Borobudur, Situs Warungboto Yogyakarta, Nusa Penida Bali, dan resort hitel Hyatt Regency Yogyakarta.

(nis)

Baca Juga