Pojok Jogja

Merawat Malioboro, Merawat Keindahan Yogyakarta

POJOKJOGJA – Pemerintah Daerah Yogyakarta terus melakukan upaya untuk merawat keindahan kota. Tak terkecuali untuk kawasan Jalan Malioboro.

Menjadi salah satu wajah Yogyakarta, seperti itulah Malioboro tergambarkan. Pemerintah pun berupaya untuk teus menjaga tatanan di kawasan itu.

Rencananya, akan dibentuk Sekretariat Bersama (Sekber) khusus di kawasan Malioboro. Hal itu mendapat apresiasi dari Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

“Untuk mengawasi Malioboro memang tidak cukup hanya Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro. UPT Malioboro merupakan unit kerja di bawah Dinas Pariwisata Kota Yogya,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogya, Yunianto Dwi Sutono.

Ia mengakui, sejak awal UPT Malioboro agak kesulitan melakukan penataan. Seringkali kata Yunianto, yang menjadi kendadla adalah kurangnya koordinasi antar pihak terkait.

Sejauh ini, pihanya belum mengetahui detail Sekber yang akan dibentuk Pemda DIY dan lintas sektor tersebut.

“Kita belum diajak ikut merumuskan. Yang pastinya kami setuju dan mendukung adanya Sekber Malioboro. Jadi bisa lebih terkoordinasi nanti,” terang Yunianto.

Sedikit gambaran, Sekber Malioboro nantinya bertugas mengonsep tatanan dan mengawasi kawasan Malioboro. Hal itu telah diwacanakan oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan DIY, Tavip Agus Rayanto.

“Sekber Malioboro tentunya memiliki tugas berbeda dengan UPT Malioboro,” singkatnya.

(dien)

Baca Juga