Traveling

Menyaksikan Keindahan Pantai Pandansari dari Mercusuar Kalajivamasti

POJOKJOGJA – Hampir di setiap sudut wilayah Yogyakarta menawarkan beragam keindahan. Tak salah jika kota ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia.

Julukan Kota Wisata pun diterima Yogyakarta sebagai wujud bukti nyata akan keragaman wisata yang ada di kota ini. Mulai dari wisata pantai, wisata gunung, wisata sejarah, pendidikan dan kebudayaan, hingga wisata kuliner.

Salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Yogyakarta adalah wisata pantainya. Jika ke Yogyakarta, tak afdol rasanya jika tidak mengunjungi salah satu pantainya.

Utamanya pantai yang ada di kawasan Pantai Selatan Yogyakarta. Di kawasan ini wisatawan bisa mengunjungi sekitar 7 pantai yang saling berdekatan.

Salah satu pantai yang paling ramai dikunjungi di kawasan ini adalah Pantai Pandansari. Bagaimana tidak, di pantai ini pengunjung bisa menyaksikan keindahan kawasan Pantai Selatan dari puncak mercusuar yang ada di Pantai Pandansari.

Mercusuar Kalajivamasti, demikian nama mercusuar yang dibangun dengan delapan lantai ini. Jika Anda termasuk orang yang berani, maka beruntunglah Anda jika bisa menyaksikan pemandangan indah dari Mercusuar Kalajivamasti.

Tempat ini juga menjadi buruan bagi orang-orang yang gemar selfie dan instagramable. Wajar saja, sebab dari puncak mercusuar ini, mata akan sangat dimanjakan dengan keindahan alam sekitar Pantai Pandansari.

Jika yang takut akan ketinggian namun tak mau ketinggalan, sebaiknya kumpulkan keberanian Anda sebelum menjajaki setiap anak tangga di mercusuar ini.

Salah satu pengunjung Ariani Wulandari mengatakan, ini bukan kali pertama ia naik ke Mercusuar Kalajivamasti. Ia mengaku tak bosan menyaksikan indahnya pemandangan alam dari atas mercusuar.

“Saya sebelumnya sudah pernah kesini, memang indah banget. Apalagi buat foto-foto, yang penting hati-hati dan taat aturan,” kata Ariani beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, untuk sampai ke puncak mercusuar, memang butuh perjuangan. Dengan melalui tangga besi putar, Ariani bersama rekannya sesekali beristirahat setelah menjajaki setiap anak tangga.

Bisa dibayangkan kan bagaimana model tangga besi putar pada umumnya. Ramping dan lebarnya hanya mampu memuat satu orang.

“Kalau mau naik ke mercusuar ini cuma bayar Rp5.000 per orang. Rasanya itu sudah lebih dari cukup untuk menyaksikan keindahan pantai yang gak ternilai harganya,” kata warga Bantul ini.

Mercusuar Kalajivamasti dibangun pada 1996 ini cukup terawat. Secara resmi beroperasi pada 1997. Hanya saja di beberapa bagian terlihat banyak coretan tangan-tangan jahil.

Dari puncaknya laut biru, dan hamparan pasir pantai tampak begitu indahnya dari mercusuar setinggi 40 meter ini. Jejeran pohon cemara di kawasan pantau juga tak kalah indahnya. Hijau, menyegarkan mata.

Namun, jangan harap angin berhembus sepoi-sepoi. Di atas puncak Mercusuar Kalajivamasti, angin berembus cukup kencang. Pengunjung sebaiknya lebih berhati-hati.

Mercusuar Kalajivamasti juga menjadi buruan untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam. Bagi Anda yang ingin mencoba tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Pantai Pandansari, dijamin tidak akan rugi.

(dien)

Baca Juga