Pojok Jogja

Menpar Arief Yahya Apresiasi Rencana Pembenahan Tebing Breksi

POJOKJOGJA – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman untuk membenahi kawasan Tebing Breksi mendapat respon yang positif dari pihak Kementerian Pariwisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, langkah Pemkab Sleman dalam memperkuat amenitas Tebing Breksi sebagi salah satu destinasi favorit di Yogyakarta patut diapresiasi.

“Dalam menarik wisatawan rumusnya 3A. Atraksi, amenitas dan aksesibilitas. Pemkab Sleman sudah memikirkannya dengan tepat,” ungkap Arief Yahya melalui keterangan tertulisnya, Senin, 4 September 2017.

Dengan memenuhi rumus itu kata Arief, wisatawan pun akan semakin nyaman. Dan tentunya akan membawa kesan indah yang akan membuat wisatawan ingin kembali lagi.

Ia menjelaskan, Tebing Breksi juga akan memperkuat Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi prioritas yang telah ditetapkan pemerintah.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kata Arief, meminta agar menteri, gubernur serta bupati/walikota terkait fokus pada perbaikan 10 destinasi prioritas pariwisata dengan memperkuat kebijakan, program dan kegiatan yang diperlukan sehingga benar-benar terlihat perubahannya.

Ia menyebut perbaikan itu meliputi kelembagaan pengelola, infrastruktur termasuk jalan, pelabuhan dan bandara, ketersediaan listrik, bahan bakar minyak.

“Selain itu yang terpenting juga air bersih, manajemen promosi daerah, ketersediaan fasilitas umum, penataan pedagang, penataan lingkungan, dan penerimaan masyarakat,” urai Arief.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih menyatakan akan memberikan layanan shuttle bus di kawasan Tebing Breksi.

Hal itu dilakukan untuk memudahkan para wisatawan menjangkau wilayah tebing Breksi. Lahan parkir seluas 9.000 meter persegi juga tengah dalam perencanaan pembangunan.

Sejak diresmikan pada 30 Mei 2015 oleh Gubernur DIY, Tebing Breksi semakin ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Di hari libur kunjungan wisatwan di lokasi tersebut bisa mencapai 10 ribu orang.

(dien) 

Baca Juga