Pendidikan

Mantap, UGM Masuk Daftar Universitas Terbaik Dunia Versi THE

POJOKJOGJA – Dunia pendidikan Yogyakarta kembali mendapat angin segar. Pasalnya Universitas Gadjah Mada masuk dalam survei universitas terbaik versi Times Higher Education (THE).

Salah satu lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia itu, menempatkan UGM pada peringkat  801-1.000 dari ribuan universitas dunia.

Meeski baru tahun ini ikut serta dalam survei THE, hasil itu, membuat UGM berada di peringkat yang sama dengan Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Keikutsertaan UGM dalam pemeringkatan ini merupakan dorongan dari Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti),” kata Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM Indra Wijaya Kusuma, Senin, 11 September 2017.

Meski terbilang baru lanjutnya lagi, pihaknya menargetkan masuk dalam peringkat 1.000 besar dalam survei THE yang merupakan satu dari tiga lembaga pemeringkat universitas kelas dunia.

“Harapan kami target itu bisa tercaoai tahun ini,” tambah Wijaya.

Ia menejlaskan, untuk penilaiannya THE mengacu pada lima indikator yaitu pengajaran, riset, sitasi, pemasukan industri, serta pandangan akademisi internasional. Dari lima indikator itulah , UGM meraih nilai tertinggi di aspek pemasukan industri dengan skor 60,6.

“Jika bisa kami menargetkan menembus peringkat 600-800 universitas terbaik dunia dalam dua tahun mendatang,” ungkapnya.

Beberapa program kata Wijaya, akan didorong untuk menaikkan peringkat yaitu dalam indikator riset dan publikasi. Tak hanya itu, akan dilakukan pula pendataan ulang hasil-hasil industri yang mampu memberi manfaat bagi masyarakat.

Meski masih berada dalam peringkat 801-1.000 gal itu menurut Wijaya sudah cukup membahagiakan dan membanggakan. Sebab di tahun yang sama UGM juga telah meraih peringkat pertama terbaik nasional versi Kemenristekdikti.

Selain itu, di 2017 ini UGM juga telah meraih peringkat 402 perguruan tinggi terbaik dunia versi Quacquarelle Symonds (QS)

“Semua ini juga berkat kerja keras dan komitmen semua elemen UGM sejak 2015,” terang Wijaya.

Ia menambahkan, penilaian dan peringkat oleh lembaga dunia ini dipandang UGM sebagai wujud pengakuan akademisi internasional atas kualitas penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi UGM.

(dien)

Baca Juga