Sains

Malam Ini Jangan Lewatkan Gerhana Bulan Setengah, Lihat Waktunya

POJOKJOGJA – Gerhana Bulan Setengah atau Gerhana Bulan Parsial akan terjadi. Gerhana Bulan parsial ini akan terjadi di akhir malam Senin, 7 Agustus 2017 hingga memasuki Selasa dini hari, 8 Agustus 2017.

Fenomena langka ini bisa dinikmati di seluruh wilayah Indonesia. Melalui surat edarannya, Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyampaikan fase-fase terjadinya Gerhana Bulan Parsial ini.

Fase pertama atau awal penumbra, diperkirakan akan terjadi pada Senin 7 Agustus 2017, pukul 22:50 WIB. Memasuki fase awal Gerhana Bulan Parsial Selasa dini hari pukul 00:22 WIB.

Fase ketiga yaitu pertenghan Gehana Bulan Parsial akan terjadi pada pukul 01:20 WIB. Kemudian fase akhir Gerhana Bulan Parsial diperkirakan akan berlangsung pada pukul 02:18 WIB, lalu diakhiri dengan akhir penumbra pada pukul 03:51 WIB.

Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH A Ghazalie Masroeri mengimbau kepada umat muslim agar tak lupa tentan sunah melaksanakan salat gerhana bulan.

“Gerhana Bulan Parsial adalah fenomena alam sebagai bukti kekuasaan Allah SWT. Mengamati Peristiwa gerhana meningkatkan keimanan,” katanya dadlam keterangan tertulisnya yang diterima jogja.pojoksatu.id.

Secara astronomis Gerhana Bulan Parsial terlihat di seluruh Indonesia. Ketika umat muslim menyaksikannya dalam rentan waktu fase ke-2 hingga fase ke-4, saat itulah disunahkan melaksanakan salat gerhana bulan.

Ia juga menyampaikan, pengamatan peristiwa Gerhana Bulan Parsial ini, baiknya disikapi dengan dzikir, ibadah, dan amal saleh.

(dien)