Pojok Jogja

Mahasiswa Flinder University Australia Belajar Kebudayaan di Yogyakarta

POJOKJOGJA – Sebanyak 23 mahasiswa Flinder University Australia melakukan kunjungan belajar ke Yogyakarta. Kunjungan mereka kali ini untuk ikut belajar tentang kebudayaan di Yogyakarta.

Dosen Flinder University Priyambudi Sulistiyanto mengatakan, kunjungan delegasi ini bukanlah pertama kalinya.

“Melalui kegiatan beasiswa New Colombo Plan, setiap tahunnya diadakan seleksi bagi mahasiswa yang tertarik belajar bahasa dan budaya Indonesia,” kata Priyambudi, Kamis, 8 Februari 2018.

Khusus tahun ini pihaknya membawa 23 mahasiswa untuk ikut mempelajari kebudayaan keistimewaan Yogyakarta, termasuk belajar tentang budaya Jawa.

Priyambudi menjelaskan, kunjungan belajar diselenggarakan bertujuan untuk memperkenalkan Indonesia pada para mahasiswa agar terjadi kedekatan people to people antara masyarakat Australia dengan Indonesia.

Di Yogyakarta para mahasiswa diterima langsung oleh Asisten Sekda DIY Bidang Pemerintahan dan Kesra, Sulistyo.

Dalam kesempatan ini, selain memaparkan tentang kebudayaan Yogyakarta, Sulistyo juga menerangkan tentang tata kelola pemerintahan DIY kepada delegasi dari Flinder University Australia.

“Ini merupakan kebahagiaan dan kebanggaan bagi Pemda DIY bisa menerima kunjungan. Kami harap para delegasi asal Australia bisa menikmati budaya dan pariwisata Yogyakarta,” jelasnya.

Ia juga menyatakan, siapa saja yang berkunjung ke Yogyakarta akan merasa mudah untuk rindu dan kembali ke Kota Gudeg ini.

“Sekali berkunjung ke Yogyakarta pasti Anda akan selalu ingin kembali. Kapanpun itu kami akan selalu menyambut anda sekalian. Saya berani memberi garansi,” tambahnya.

(dien)