Pojok Jogja

Lucunya, Main Sepak Bola Pakai Topeng Koruptor di Kubangan Lumpur

POJOKJOGJA, Sleman – Sudah jadi tradisi menjelang perayaan HUT Kemerdekaan RI, warga mengadakan berbagai perlombaan sebagai rangkaian acara.

Di Padukuhan Tlogo, Sorogenen, Ambarketawang, Gamping, Sleman ada perlombaan yang terbilang unik. Mereka menggelar lomba sepak bola lumpur. Menariknya, para pemain memakai topeng wajah terpidana korupsi.

Ada yang memakai topeng mantan ketua umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum, mantan Menpora Andi Mallarangeng, hingga koruptor dari Ditjen Pajak, Kementerian Keuangan RI Gayus Tambunan.

Sepak bola lumpur tersebut digelar kemarin, Minggu 6 Agustus 2017. Lomba ini dilaksanakan di sawah bekas panen yang dialiri air.

Lahan berlumpur dikonotasikan sebagai kubangan para koruptor. Inilah yang menjadi alasan mengapa para pemain mengenakan topeng koruptor.

“Kami terinspirasi banyaknya pejabat publik yang masih berani melakukan korupsi padahal sudah ada Komisi Pemberantasan Korupsi,” kata koordinator lomba Danang Koordinator Danang Eko Prastowo.

Sepak bola tersebut sebagai bentuk sindiran, sekaligus keprihatinan atas maraknya kasus korupsi yang baru-baru ini terjadi.

Lebih lanjut, Danang menjelaskan bahwa panitia bermaksud menanamkan semangat anti korupsi bagi warga setempat. Ia berharap, generasi m,uda mulai tergerak untuk tidak berniat melakukan korupsi.

Tak hanya menyoroti koruptor, para warga juga sepakat untuk memadamkan lampu di malam tirakatan, Rabu 16 Agustus mendatang. Hal itu dilakukan sebagai bentuk keprihatinan terhadap mahalnya biaya listrik di era Presiden Jokowi.

(rin)

Baca Juga