Pojok Lesehan

Libur Akhir Tahun, Ini Daftar Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

POJOKJOGJA – Akhir tahun menjadi momen yang paling banyak ditunggu-tunggu untuk berlibur. Membuat rencana perjalanan wisata dari sekarang tidak ada salahnya bukan.

Yogyakarta mungkin menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan akhir tahun. Daripada bingung, nih destinasi wisata yang paling rekomendasi dan wajib kamu kunjungi di Yogyakarta.

1. Hutan Mangrove Kulonprogo

Berwisata alam bisa menjadi salah satu pilihan untuk berlibur. Nah, ini dia Hutan Mangrove Kulonprogo yang bisa kamu kunjungi. Lokasinya di selatan Kabupaten Kulonprogo, tepatnya di desa pasir Mendit Temon, Kulonprogo. Lokasi hutan mangrove ini berada di muara Sungai Bogowonto. Untuk mengunjunginya, dari arah Kota Yogyakarta kamu bisa melewati Jalan Raya Wates Purworejo sampai ada penunjuk arah ke Pantai Congot. Hutan Mangrove ini merupakan obyek wisata yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar.

Di lokasi ini ada salah satu spot foto yang dijamin membuat foto kamu semakin menarik yaitu di jembatan api-api. View di atas jembatan memang telah disetting oleh pengelola untuk obyek foto agar tampak menarik. Soal harga, tak perlu khawatir, cukup dengan tarif Rp4.000 per orang. Kawasan wisata ini setiap harinya dibuka dari pukul 6 pagi hingga pukul 7 malam. Di lokasi wisata ini juga disediakan berbagai fasilitas seperti toilet mushalla.

2. Hutan Pinus Pangger

Suasana pegunungan menawan juga disuguhkan di lokasi ini, Hutan Pinus Pangger. Hutan pinus yang mulai populer di awal 2017 ini. Popularitasnya semakin menanjak kala para pengunjungnya tak mau kalah untuk mengabadikan gambar untuk di pajang di sosial media miliknya.

Hal itu membuat warga net merasa tak ingin ketinggalan untuk mengunjungi lokasii yang rindang nan sejuk ini. Telebih Hutan Pinus Pangger memiliki banyak spot untuk berfoto ria, sangat pas bagi yang hobi selfie. Cocok pula dikunjungi oleh Anda yang gemar dengan fotografi.

Jembatan kayu, rumah pohon, sarang burung raksasa, hingga tangga cinta bisa kamu temukan di hutan pinus yang terletak di Dusun sendangsari, Desa Terong, Dlingo, Bantul ini. Lokasinya yang berada di ketinggian ini membuat Hutan Pinus Pangger bisa menjadi lokasi yang tepat untuk berburu sunrise. Bahkan tak sedikit pengunjung yang memilih menginap di lokasi ini untuk mengabadikan momen tersebut.

Belum lagi pemandangan saat malam hari, pengunjung akan menyaksikan pemandangan kerlap-kerlip lampu kota yang indah. Bagi Anda yang berencana berkunjung ke Hutan Pinus Pangger tak perlu khawatir, Anda hanya perlu untuk membayar biaya parkir kendaraan saja.

3. Puncak Becici di Mangunan

Puncak Becici menjadi destinasi wisata yang juga hits saat ini. Berada di Kabupaten bantul, tepatnya berada di Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo. Perjalanan ke arah wisata alam ini bisa dikatakan tidak terlalu sulit. Rutenya dari pusat kota Yogya menuju ke kawasan Imogiri, dari sana cukup mengikuti jalan hingga bertemu dengan pasar Imogiri yang berada di pertigaan. Lanjutkan perjalanan dengan mengambil arah ke kiri menuju ke wisata kebun buah mangunan dan hutan pinus tinggal tinggal ikut papan petunjuknya saja akan sampai di lokasi.

Pemandangan alam landscape di sana sangat indah dengan hawa sejuk dan menenangkan sangat pas buat kalian nikmati bersama temen atau keluarga. Di Puncak Becici juga disediakan gardu pandang untuk menikmati sunset dan sunrise. Untuk tiket masuknya gratis, hanya membayar parkir kepada pengelola.

4. Taman Tebing Breksi Yogyakarta

Tebing breksi Yogyakarta ada juga yg menyebut bukit Breksi. Awal mula tebing ini merupakan bekas penambangan, setelah diteliti Breksi sendiri terbentuk jutaan tahun lalu dari endapan abu vulkanik dari gunung api purba gunung kidul. Keindahan Tebing Breksi Yogya ini luar biasa apalagi saat menjelang sore. Mulai dari atas tebing, kalian bisa melihat sisa penambangan yang membuat batuan breksi menjadi terlihat eksotik menarik kerenlah pokoknya.

Tebing Breksi ini berlokasi di Desa Groyokan, Kelurahan sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh daru obyek wisata Candi Ijo. Menuju ke lokasi ini kamu cukup perlu hati-hati, sebab jalannya cukup menanjak. Belum ada tarif khusus untuk masuk ke obyek tebing breksi ini. Hanya parkir kendaran, Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp. 5.000 untuk mobil.

5. Candi Sambisari

Seperti candi-candi pada umumnya, Candi Sambisari juga merupakan candi bercorak Hindu. Yang membedakan candi ini dengan candi lainnya adalah letaknya yang berada di bawah permukaan tanah. Candi Sambisari yang berada di Purwotani, Kalasan, Sleman ini memiliki bangunan yang cukup unik. Tletak 6,5 meter di bawah permukaan tanah.

Selain letaknya yang unik, pemandangan di kawasan Candi Sambisari juga tak kalah menarik. Anda akan dijamu pemandangan indah dan megah dari pelataran Candi Sambisari. Karena letaknya itu pula orang-orang sering menyebutnya denga ‘Si Cantik yang Tersembunyi’.

Berkunjung ke tempat ini, pengunjung juga bisa menggelar tikar di area candi, di atas rerumputan hijau. Anda juga bisa membawa bekal piknik baik saat berkunjung dengan keluarga, teman, ataupun orang terkasih.

6. Abhayagiri Restaurant

Bagi kamu yang senang berburu kuliner, tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi kamu. Selain menyuguhkan kuliner yang pas di lidah, lokasi Abhagayari Restaurant ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Hal itulah yang membuat restaurant yang terletak di kawasan Sumberwatu Heritage Resort , Sambirejo, Prambanan Kabupaten Sleman ini menjadi cukup booming sejak satu tahun belakangan.

Lokasinya yang teletak di atas ketinggian membuat mata dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Udara sejuk dan khas pegunungan membuat siapapun betah berada di tempat Abhagayari. Menikmati santapan kuliner di restaurant ini akan semakin nikmat dengan sajian panorama hamparan perbukitan yang hijau nan luasl. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Bagi kamu yang suka dengan suasana romantis, tidak ada salahnya mengunjungi lokasi ini pada malam hari. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat kerlap-kerlip lampu sebagian wilayah Yogyakarta akan terlihat sangat menawan di kawasan Abhagayari Restaurant.

(dien)

Baca Juga