Pojok Jogja

Koprabuh Target Pecahkan Rekor Dunia Penanaman Pohon di Gunungkidul

POJOKJOGJA – Sebanyak 10.000 petani akan menanam 250.000 pohon di Gunungkidul. Kegiatan tersebut rencananya akan menargetkan pemecahan rekor dunia oleh Koperasi Produsen Anugerah Bumi Hijau (Koprabuh).

Penanaman di lahan seluas 50 hektar dalam waktu satu jam rencananya akan dilakukan pada 9 Desember 2017 mendatang.

Ketua Koprabuh Yohanes Cianes mengungkapkan, jika penanaman ini berhasil maka rekor dunia sebelumnya yaitu penanaman pohon serentak dalam satu jam di Tuban pada 28 November 2016 lalu bisa dilampaui.

“Pemecahan rekor dunia ini untuk mewujudkan target jangka panjang Koprabuh yang akan menanam 3 juta pohon di 300.000 hektar lahan milik anggota,” katanya usai audiensi bersama Gubernur DIY, di kantor Gubernur Yogyakarta, Selasa, 5 September 2017.

Yohanes menjelaskan, dipilihnya Kecamatan Ponjong sebagai area penanaman, sebab daerah tersebut merupakan kawasan pengunungan kapur tandus.

Menurutnya, selama ini kawasan itu belum pernah tersentuh program penghijauan massal. Ia menyebut, ada empat jenis pohon yang akan ditanam nantinya, yaitu jambu monyet, akasia, jati, dan kaliandra.

“Tujuan penanaman pohon di Gunungkidul ini untuk meningkatkan pendapatan petani pohon jati, kebutuhan pakan ternak yang berupa pohon akasia dan kaliandar, serta penanggulangan hama monyet ekor panjang  dengan penanaman jambu monyet,” jelas Yohanes.

Selain ditanam di lahan datar haknya juga akan menanam di lahan-lahan kecil di sela-sela bebatuan pengunungan kapur. Yang perlu dipikirkan ke depan kata Yohanes adalah persoalan pengairan hingga hidup. Hal itulah yang ingin ia komunikasikan dengan Pemerintah Daerah Gunungkidul.

Sementara itu Ketua Pelaksana Program Basuki Rohim mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan air pihaknya akan memanfaatkan air bawah tanah Goa Jomblang di Kecamatan Semanu.

“Dengan memanfaatkan mesin penyedot atau tarikan gravitasi, sistem pengairannya bisa menggunakan saluran irigasi,” ungkapnya.

Alternatif lain yang akan dilakukan pihaknya untuk pengairan yaitu akan menggunakan gunakan truk-truk penyuplai air ke tandon penampung air yang disebar.

Dalam menyukseskan program ini, Koprabuh menunjuk artis senior Titiek Puspa sebagai Duta Penanaman.

Program tersebut merupakan langkah nyata merealisasikan ajakan Presiden Joko Widodo untuk bersama-sama menghijaukan Indonesia.

Ia mengatakan, Presiden Jokowi dijadwalkan akan hadir saat penanaman nantinya.

(dien)

Baca Juga