Pojok Jogja

Kerugian Yogyakarta Pasca Banjir Capai 10 Miliar?

POJOKJOGJA – Yogyakarta mengalami kerusakan infrastruktur pasca dilanda Badai Cempaka. Hanya saja belum diketahui secara pasti berapa jumlah kerugian secara kesuluruhan.

Hanya saja, laporan sementara mengenai kerugian tersebut sudah diperkirakan, kerugian Jogja ditaksir berkisar Rp 10 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Tri Agus mengatakan untuk perbaikan talur sepanjang 200 meter dengan tinggi 15 meter di Juminahan saja membutuhkan Rp 1,8 miliar.

“Untuk perbaikan infrastruktur butuh penganggaran APBD, tidak bisa menggunakan dana tidak terduga saja,” kata dia.

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan HB X menegaskan bahwa penanganan korban bencana menjadi prioritas utama. Menyoal kerugian karena bencana, kata Sultan, diurus nanti.

“Yang terpenting ialah penanganan korban dan mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah,” kata Sultan, Kamis 30 November 2017.

Ada pun soal kerugian, Sultan belum tahu pasti.

“Kerugian material belum ada. Nanti biar Pak Wali yang kirim surat ke Gubernur. Ada beberapa kabupaten yang masuk. Saat ini belum tahu jumlahnya. BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) belum laporan karena ada kabupaten yang belum tercatat,” lanjutnya.

Karena hal tersebut, kerugian bencana akan ditindaklanjuti nanti.

“Itu (menangani korban) yang perlu dikerjakan terlebih dahulu. Yang itu (kerugian) nanti saja setelah nanganin manusianya,” Sultan menegaskan.

(rin)

Baca Juga