Dunia

Kecanduan Game Online, Anak Ini Habiskan Uang Rp 175 juta

POJOKJOGJA – Seorang remaja berusia 19 tahun di New York menceritakan betapa dirinya kecanduan game online. Ia bahka telah menghabiskan US$ 13.000 atau setara dengan Rp 175 juta untuk membayar beberapa item game.

Anak yang tidak menyebut namanya tersebut menceritakan kisah kecanduannya di forum Reddit. Melalui akun Kensgold, ia bercerita bagaimana ia tidak memiliki waktu untuk bersosialisasi dan hanya menghabiskan waktu dan uangnya untuk game favoritnya.

Ia mengaku telah bermain game dalam beberapa tahun belakangan. Demi game, ia bahkan bekerja paruh waktu untuk mendapatkan uang untuk pembayaran game.

Ia bahkan hampir dikeluarkan dari sekolahnya. Di dalam forum Reddit, remaja tersebut mengunggah bukti pembayaran bank untuk game yang ia mainkan. Beberapa game yang pernah ia bayarkan di antaranya, The Hobbit: Kindoms of Middle-earth dan Counter-Strike: Global Offensive.

Setelah sadar akan kecanduannya pada game, ia pun menuliskan surat terbuka yang ditujukan kepada pengembang game. Ia meminta kepada pengembang game, Electronic Arts (EA) untuk mempertimbangkan efek dari mikrotransaksi.

“Masalah saya lebih dalam, saya kecanduan terhadap perjudian. Kecanduan ini adalah kegagalan pribadi saya,” katanya.

“Jadi tolong luangkan waktu untuk merenung. Tidak ada undang-undang yang berlaku untuk melindungi kaum muda bangsa kita dan orang lain menyukainya. Saya hanya salah satu dari banyak orang yang terluka karena itu. Bantu aku mencegahnya agar tidak terjadi pada generasi berikutnya, beri mereka kesempatan yang tidak pernah kumiliki,” lanjutnya.

(rin)

Baca Juga