Pojok Jogja

Kaya Ragam Kuliner, Yogyakarta akan Kembangkan Wisata Kuliner

POJOKJOGJA – Selain dikenal dengan kekayaan destinasi wisatanya, Yogyakarta juga dikenal dengan keragaman kulinernya. Utamanya kuliner khas tradisional.

Olehnya itu, Yogyakarta dinilai berpotensi untuk mengembangkan wisata kuliner. Hal itu juga telah mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Kemenpar RI menyatakan dukungannya untuk pengembangan wisata kuliner di Yogyakarta.

Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya Kementerian Pariwisata RI Lokot Ahmad Enda mengatakan, penandatangan tersebut dilakukan bersama Pemerintah Kota Yogyakarta

“Ini merupakan bentuk komitmen Kementerian dalam memberikan dukungan percepatan pengembangan wisata kuliner di Yogyakarta,” katanya, Sabtu, 7 Oktober 2017.

Ia menyatakan, Yogyakarta merupakan satu dari 10 kota yang juga didorong untuk mengembangkan destinasi wisata kuliner di Indonesia.

Adapun daerah lain yang termasuk dalam daftar pengembangan wisata kuliner di antaranya, Makassar, Bali, Bandung, Semarang, Palembang, Solo, Padang, Malang, dan Surabaya.

“Saag ini Kemenpar akan menyusun perencanaan dan strategi pengembangan wisata kuliner di masa yang akan datang,” kata Lokot.

Jadi lanjut dia, nantinya kementerian maupun pemerintah daerah memiliki acuan dalam mengembangkan destinasi wisata kuliner.

Lokot menyebutkan, kegiatan promosi wisata kuliner akan menjadi tugas kementerian, sementara pemerintah daerah bertugas memperbaiki sanitasi dan higienitas di lokasi wisata kuliner sehingga tercipta sinergi antara pusat dan daerah.

“Wisatawan yabg datang ke Yogyakarta tentu ingin menikmati kulinernya. Apalagi Yogya kan memang sudah menjadi Kota Wisata, jadi kulinernya tidak bisa dikesampingkan,” terangnya.

Hanya saja lanjut Lokot, pengembangan wisata kuliner itu perlu didukung dengan penataan infrastruktur yang baik termasuk fasilitas pendukung seperti toilet.

(dien)

 

Baca Juga