Pojok Jogja

Karnaval Ini akan Jadi Agenda Wisata Nasional di Yogyakarta 

Karnaval Ini akan Jadi Agenda Wisata Nasional di Yogyakarta

POJOKJOGJA – Yogyakarta memang tak pernah kehabisan festival dan pesta rakyat. Hal itu pulalah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi kota berjulukan Kota Wisata ini.

Menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia tentu beragam upaya dilakukan untuk mempertahankan. Salah satunya dengan memberikan pelayanan dan persembahan terbaik bagi wisatawan.

Akhir pekan lalu, Yogyakarta baru saja merayakan puncak peringatan hari jadinya yang ke-261 tahun. Pelaksanaan berlangsung meriah dengan digelarnya Wayang Jogja Night Carnival.

Ribuan orang memadati sepanjang kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta untuk menyaksikan perhelatan ini. Euforia karnaval wayang akbar itu tak berhenti di situ.

Pemerintah Kota Yogyakarta kemudian berinisiatif untuk menjadikan event tersebut menjadi agenda wisata nasional.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengajukan permohonan itu kepada Kementerian Pariwisata RI. Ia mengatakan, pembahasan sudah dilakukan dengan pihak kementerian.

“Untum mewujudkan itu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar Wayang Jogja Night Carnival bisa menjadi agenda wisata nasional, salah satunya adalah jumlah penyelenggaraan kegiatan,” kata Haryadi, Rabu 11 Oktober 2017.

Setidaknya lanjut dia, Wayang Jogja Night Carnival sudah diselenggarakan selama lima tahun berturut-turut. Sayangnya, Wayang Jogja Carnival Night baru dua kali digelar berturut-turut.

Walaupun begitu, pihaknya tetap optimis bahwa Wayang Jogja Night Carnival tetap bisa menjadi agenda wisata nasional.

“Kita bisa tunjukkan dari keunikan yang ditampilkan Wayang Jogja Night Carnival. Misalnya dari tema yang diangkat, yaitu cerita di balik tokoh-tokoh pewayangan,” jelasnya.

Haryadi menyatakan, banyak kreasi yang bisa diangkat dari tema wayang ini. Terlebih wayang merupakan salah satu warisan kebudayaan di Indonesia.

Ia mengaku yakin pada penyelenggaraan selanjutnya akan semakin baik. Selama dua kali penyelenggaraan, antusiasme masyarakat selalu menyambut baik.

“Kami rencananya akan melakukan perubahan lokasi untuk penyelenggaraan selanjutnya. Di mana sebelumnya rutin digelar di kawasan Tugu Yogyakarta,” katanya.

Nantinya lanjut Haryadi perhelatan ini akan dialihkan ke kawasan Malioboro seperti penyelenggaraan Jogja Java Carnival beberapa tahun lalu.

(dien)

Baca Juga