Pojok Jogja

Jembatan Sembada Handayani Kini Hubungkan Sleman dan Gunungkidul

POJOKJOGJA – Akses perjalanan dari Kabupaten Sleman ke Gunungkidul maupun sebaliknya kini lebih mudah dilakukan.

Rabu, 10 Januari 2018, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X telah meresmikan jembatan yang menghubungkan kedua wilayah tersebut.

Jembatan yang diberi nama Sembada-Handayani ini menjadi jalan penghubung baru antara kedua kabupaten.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY, M Mansyur mengatakan, pembangunan jembatan ini berpotensi mendukung pengembangan pariwisata antara kedua kabupaten.

“Di Sleman ada Prambanan dan Tebing Breksi, sementara di Gunungkidul ada Gunung Api Purba Nglanggeran. Keduanya kini lebih mudah terhubung,” jelas Mansyur, Rabu, 10 Januari 2018.

Ia menjelaskan pembangunan jalur penghubung Sleman-Gunungkidul ini dimulai daru pembangunan jembatan sepanjang 90 meter dengan lebar 9 meter.

Jalan sepanjang 1 kilometer juga dibangun di Dusun Lemah Abang, Desa Gayamharjo, Prambanan, Sleman. Sedangkan dari wilayah Dusun Gembyong, Desa Ngoro-oro, Patuk, Gunungkidul dibangun jalan sepanjang 3 kilometer.

“Ke depannya jalan di sekitarnya juga akan diperlebar. Jembatan Sembada Handayani dan jalan pendekatannya merupakan kegiatan perintis untuk menuju program pengembangan jaringan jalan baru Prambanan-Gayamharjo-Tawang -Ngalang-Gading,” jelasnya.

Sebelimnya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan, pembangunan jalan ini diharapkan mengintegrasikan sejumlah obyek wisata yang ada di kawasan Sleman wilayah timur dengan Kabupaten Gunungkidul.

Sebab dikatahui di jalan tersebut terdapat banyak obyek wisata yang bisa dilihat baik itu keindahan alam, candi, ada Breksi dan sebagainya jadi ini potensial untuk tempat pariwisata.

“Jadi bagaimana manajemen pengelolaan masyarakat kedua kabupaten. Selain itu, jalan ini juga sebagai jalan untuk mengurangi kepadatan jalur Yogyakarta- Wonosari melalui Piyungan,” terang Sultan.

Jika ingin ke Gunungkidul orang Sleman bisa melewati Jembatan Sembada-Handayani sampai ke Gading masuk ke kota Wonosari. Begitupun sebaliknya jika dari arah Gunungkidul.

“Jadi ini jalan strategis kebetulan obyek wisata ada banyak,” tambah Sultan.

Ia berharap, masyarakat sekitar bisa mengambil peluang dan kesempatan dari pembangunan infastruktur tersebut. Selain itu, dengan dibangunnya Jogja Outer Ringroad (JORR) di jalan Prambanan – Piyungan bisa memudahkan mobilitas masyarakat.

(nis)

Baca Juga